nhk

Jelang WSSP300 Misano 2018: Begini Nih Latihan Galang Hendra, Pantas Jago Nikung

Galang, Aldy, Supermoto, Yogya
Galang beraksi dengan supermoto 450

ManiakMotor –  Latihan populer yang dipilih pembalap aspal, selain balap motor itu sendiri, ya tetap balap motor. Maksudnya dengan motor aliran berbeda. Special engine (SE) yang trail, misalnya.

Trail pun dibagi dua, ada yang aspal dan tanah. Kalau tanah motocross atau supermoto yang motornya trail diberi ban aspal, “Untuk sekarang saya menggunakan supermoto. Handlingnya akan lebih ril untuk road race,” papar Galang Hendra Pratama, pembalap WSSP300 utusan Yamaha Indonesia.

Galang di sela antara Brno di mana dia juara dan Misano (Italia) yang nanti berlangsung 6 – 8 Juli 2018, doski meluangkan latihan dengan supermoto. Tentu di kampungnya di Jogja. Coba lihat video ini. Mantap memang aksi Galang dengan Yamaha YZ450F di GOR Maguwoharjo.

Supermoto dan motocross memang populer buat pembalap motor. Sekaliber Marc Marquez dan Valentino Rossi saja, latihan rutinnya dengan spesial engine. Fungsinya banyak. Cukup salah satu saja disebut, torsi SE galak dan liar, apalagi di tanah.

Liarnya SE ini yang ingin diajak bersahabat  pembalap aspal yang roda depannya ingin menyusul roda depan. Kan karakter SE selalu muncul dan mudah roda belakang dibikin spin. Situasi begitu di balap aspal jarang muncul. Kalau muncul pun tiba-tiba yang tidak terkira saat tidak dibutuhkan. “Kalau sering dengan SE, saat balap sudah tak peduli jika gejala spin muncul,” kata Galang.

Maksudnya refleks itu sudah terbiasa dilatih dari supermoto. Beda dengan MotoGP kegunaan SE untuk melatih gerakan slide yang selalu ada di motor MotoGP, saking besarnya tenaganya. MM

BAGIKAN