nhk

Jelang Yamaha Cup Race (YCR) Sintang 2019: Layout Sirkuit Akomodasi Semua Kelas

Maniakmotor – Sirkuit yang digunakan di Yamah Cup Race (YCR) di Sintang, Kalimantan Barat pada 31 Agustus – 1 September 2019 adalah bekas bandar udara. Namanya Bandara Susilo Sintang. Berarti punya aspal yang bermutu dengan area yang luas, lintasannya jadi lebar-lebar.

Eh benar juga. Sudah muncul tuh layout sirkuit dari Yamaha Motorsport Indonesia. Total panjang lintasannya jadi 1.153 meter dengan 11 tikungan, “Model tikungan-tikungannya dan  trek lurus mengakomodasi semua kelas. Makanya ada rolling speed, chicane, sampai stop and go tersedia,” kata Robby Winaldy yang mendesain sirkuit di bandara yang sudah tak beroperasi sejak 26 April 2018 tersebut.

Bandara ini sendiri walupun sudah bekas nyaris setahun lebih, tapi belum pernah digunakan untuk balap motor. Ya baru One Make Race alias OMR Yamaha ini. YCR-lah yang berhasil menembus pemerintah setempat untuk difungsikan jadi sirkuit. Berguna untuk anak muda yang hobi balap dan masyarakat yang akan menonton.

Fokus layout juga terutama safety. Karena itu yang lebih penting pada event YCR yang sudah berjalan 30 tahun tersebut. Kalau seperti manusia sudah dewasa. Makanya urusan layout sangat detil, walau masih di bekas bandara sih.

Selamat berlomba.  Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353