nhk

Jelang Yamaha Endurance 2018: Dihelat Akhir September, Setiap Kelas Hadiah Puluhan Juta

ManiakMotor – Minoru Morimoto, President Director PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg memang konsen pada motorsport. Maklumlah dia mantan pembalap yang sempat internasional. Perhatikan saja, Morimoto sangat mendukung pembibitan balap motor di Indonesia. Bahkan seorang Galang Hendra Pratama dikawalnya sampai ke Eropa bermain WSSP300.

Maka usai empat ronde Yamaha Sunday Race (YSR) di Sentul, dia pun mendukung yang namanya Yamaha Endurance. Itu balap ketahanan yang akan dilaksanakan pada 28-30 September 2018 di Sentul International Circuit (SIC), “Bisa saja sementara ini, sifatnya one make race Yamaha. Tapi selanjutnya Indonesia bisa seperti ketahanan di Suzuka, Jepang,” kata Morimoto.

Tajuk balapan tersebut Endurance Festival 2018. Ada 3 kelas, yaitu Open Class 250 cc yang wajib menjalani 2 jam mutar-mutar SIC. Kelas ini sifatnya terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap profesional ataupun dari komunitas (Community). Syarat peserta  bisa sesama rider profesional ataupun kombinasi rider profesional dan Comm Pro Rider, juga bisa sesama Comm Pro.

Kemudian kelas Community 250 cc yang cukup menjalani 1 jam. Yang ini untuk rider Comm A dan Comm B ataupun sesama kategori. Terakhir kelas Community 150 cc (1 hour) yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesama pakai Yamaha YZF-R15, “Pada dasarnya masih lanjutan  menampung komunitas. Sekarang time mereka pesat. Ya, dikasih ruang lagi untuk ketahanan,” timpal M Abidin, GM Motorsport dan Service Yamaha.

Peraturannya, kelas Open Class 250 cc (2 hour) frame atau rangka harus standar pabrik, cylinder-head yang boleh diporting, ECU dan suspensi yang bebas. Sedangkan  kelas Community 250 cc (1 hour), mesin full standar pabrik, ECU standar ditambah piggy back, frame standar pabrik dan suspensi bebas.J uga untuk kelas Community 150 cc (1 hour) serupa dengan regulasi Comm B Yamaha Sunday Race 2018 (YSR 2018).

Skema hadiah. Besar kan

Start lomba ini menggunakan running start. Rider diharuskan berlari ke motor saat start. Lalu 1 motor 2 joki seperti tadi, tapi tidak boleh ada yang egois. Joki pertama harus memikirkan safety harus bijaksana dengan fisik. Apalagi yang komunitas, hehe. RIC

BAGIKAN