nhk

Jelang Yamaha Ketahanan Sentul 2018: Awalnya 2 Jam Dulu, Selanjutnya????

ManiakMotor – Dua jam menggeber motor, lumayan juga. Apalagi ada tergetnya, ya juara. Tentu beda dengan dua jam jalan-jalan sore alias JJS. Kalau ini ada hadiahnya dan tentu ada lawannya. Adrenalinnya ketemu tuh.

Itu dia ketahanan yang dipersembahkan oleh Yamaha Indonesia di Sentul International Circuit (SIC). Menggunakan sepeda motor Yamaha YZF-R25 dan YZF-R15 sesuai pembagian kelas. Ingat ya dilombakan munggu ini atau 29-30 September 2018, “Untuk awal memang dibikin durasi ketahanannya 2 jam kelas open. Kami akan melihat handycap yang terjadi dalam balapan sepanjang itu di Indonesia,” papar Kadek Suma, Manajer MotorSport Yamaha Indonesia.

Maksudnya, pasukan Yamaha Indonesia dari divisi Motorsport akan mengkaji dari tahun pertama yang rencananya dibikin event tahunan ini. Akan dikembangkan seperti ketahanan di Jepang. Di sana ada yang 2 jam, 4 jam dan 8 jam puncaknya. “Karena yang dipertandingkan, bukan hanya profesional tapi juga komunitas. Ini harus ada riset lanjutan ke depan,” tambah Suma.

Yamaha menyebutnya Endurance Festival 2018 dengan 3 kelas. Yaitu Open Class 250 cc  durasi 2 jam. Terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap profesional dan komunitas (Community). Bisa sesama rider profesional ataupun kombinasi rider profesional dan Comm Pro Rider, juga sesama Comm Pro. Namanya juga open.

Kemudian Community 250 cc cukup 1 jam. Peserta Comm A dan Comm B ataupun sesama kategori. Terakhir  Community 150 cc (1 hour) yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesama pakai Yamaha YZF-R15.

Peraturannya, kelas Open Class 250 cc (2 hour) frame atau rangka harus standar pabrik, cylinder-head yang boleh diporting, ECU dan suspensi bebas. Community 250 cc (1 hour), mesin full standar pabrik, ECU standar ditambah piggy back, frame standar pabrik dan suspensi bebas. Community 150 cc (1 hour) serupa dengan regulasi Comm B Yamaha Sunday Race 2018 (YSR 2018).

Juga diingat tata cara start seperti umumnya kejuaraan dunia endurance. Peserta dari seberang jalur dan motornya sudah disiapkan. Begitu aba-aba start, peserta berlari ke arah motor dan menghidupkannya.

Begitu dulu dan silakan mendaftar. MM

 

BAGIKAN