nhk

Jelang Yamaha Sunday Race (YSR) 2018; All New R15 Idemitsu Junior Pro, Minta Tambah Lap

ManiakMotor – All New R15 Idemitsu Junior Pro. Inilah kelas baru 2018 di Yamaha Sunday Race (YSR) yang membetot balap motor Indonesia. Kelas ini diikuti adik-adik kita yang umurnya 16 tahun ke bawah. Mereka diplot oleh Yamaha Indonesia untuk pembinaan pada program Yamaha Riders Academy (YRA). Mereka memang masih muda, tapi telah mengambil jalur profesional.

Kelas pembibitan ala Yamaha. Langsung ke sport

Makanya peserta di kelas ini minta yang sama saja ‘menuntut’ agar jumlah lap ditujukan untuk kelas profesional juga. Sudah 3 seri berlangsung, All New R15 Idemitsu Junior Pro hanya menyelesaikan 6 lap. Terlalu sebentar untuk ukuran yang disebut profesional.

“Ini sangat kurang dengan forsi latihan fisik anak-anak yang ikut kelas tersebut. Terlalu singkat. Jumlah lap yang  banyak juga melatih anak-anak untuk memanajemen lap ke lap. Juga jadi pembelajaran seperti yang diwadahi di kelas ini,” sebut Bobby Aranxa dari Bob’s Racing School dari Surabaya yang beberapa muridnya ikut di kelas tersebut. Bobby akan meminta khusus ronde terakhir jumlah ditambah!

Doni Ramdani yang juga membuka sekolah balap yang belakangan mulai banyak muridnya, punya komentar yang hampir sama. Katanya idealnya kelas tersebut antara 8 – 10 lap, “Jumlah itu masih sesuai dengan umur pesertanya dan daya tahan motor yang masih standar,” timpal Doni yang beberapa muridnya juga ikut All New R15 Idemitsu Junior Pro.

Kadek Suma dari divisi MotorSport Yamaha Indonesia, punya alasan sendiri. Katanya jumlah lap tersebut ditentukan karena keterbatasan waktu jadwal race, “Kan YSR itu banyak kelas yang diwadahi pas Minggu. Itu saja soal pemutusan jumlah lap. Tapi intinya, kelas ini untuk pembinaan,” jawab Suma pada kelas yang tahun berikutnya akan ditambah dengan kelas R25 tersebut.

Ambil jalan tengah aja, tambah 2 lap kan masih memungkinkan. Raider

BAGIKAN