nhk

Jelang YCR 2013 Medan; Jatah Region I Sosialisasi Balapan Canggih Tapi Murah

 

 

ManiakMotor – Yamaha Cup Race (YCR) kali ini ada di Medan pertempuran benaran. Karena lokasinya di Medan, Sumatera Utara. Ini Medan, bung. Tepatnya lagi di sirkuit Pancing, 1-2 Juni 2013. YCR Medan ini adalah bagian dari seri pertama region 1 yang ada di Sumatera. Kan nantinya ada puncaknya atau final region di ujung tahun untuk pemilihan wakil ke Yamaha Asean Race (YAR).

Sebelum ke YAR, ya harus dibibit dulu dari region. Pembagian region pada YCR seperti MotoPrix (MP). Dari 7 seri YCRi bermain di 3 region, yaitu region 1 (Sumatera) tiga seri, region 2 (Jawa) 3 seri dan region 5 (Sulawesi) 1 seri.  “Satu seri penghujung di region dua adalah final  keseluruhan YCR 2013. Pemegang poin tertinggi tiap region diadu lagi di seri finalnya pada 17 November mendatang,” kata M. Abidin, selaku GM Service and Motosport YIMM.

Pembagian region YCR yang pernah mencapai puncaknya 52 seri pada 2002 ini, agar semua tim Yamaha mendapatkan jatah yang sama. Juga region untuk memudahkan  pantauan bibit daerah yang jadi sasaran YCR. Selain itu untuk menghindari benturan jadwal. Misalnya, seri Medan nanti bertepatan dengan MotoPrix region 2 seri empat di Sentul International karting (SIK), Bogor, Jawa Barat.

Apalagi YCR 2013 menjadi fasilitas tim Yamaha untuk meningkatkan kualitas profesional mereka. Tetapi tidak mengesampingkan balapan canggih yang terjangkau. Tentu senjatanya adalah Yamaha Jupiter Z1. Betapa tidak murah, bebek canggih tersebut suku cadang racingnya plag and play dengan perawatan ala special engine.

Menurut Supriyanto, Manager Motosport YIMM, untuk menghadapi balapan canggih itu, butuh sosialisasi. Katanya, sember daya manusia (SDM) dalam hal ini tim sudah harus terbiasa atau paling tidak tahu soal teknologi. “DI YCR ini adalah woro-woro sosialisasinya, agar mereka tidak gagap dengan teknologi. Termasuk di Medan nanti,” kiat Supriyanto yang menyatakan teknologi injeksi itu wajib ke depan.

Ei, hampir lupa, pembalap Yamaha region pertama ini akan diberikan pengetahuan tentang safety riding. Maklum, belum tentu pembalap yang jago sekalipun menguasai teknik aman berkendara. Sebab, rata-rata mereka langsung praktek di dunia balap tanpa mengetahui teorinya. “Padahal teori safety riding berguna sekali di dunia balapan, contohnya pengereman dan masih banyak lagi,” tambah Abidin.

Lho, kompak ya mereka ngomong. Ya salam saja pada si Lae, Si Butet dan Tulang di Medan sana. Horas bah, i ma tutu... Adit

BERITA TERKAIT:

Jadwal Yamaha Cup Race Atau YCR 2013

YCR 2013 Seri 1 Bandung; Menuju Balapan Murah, Bolt On Racing Only Jupiter Z1

Yamaha Cup Race Seri 1 Bandung, Safety Riding Dulu Baru Balap, Bukti Pengereman..!

 


BAGIKAN