nhk

Jelang YCR & YSR 2018: Workshop Racing Komunitas Tambah Ilmu Balapan

Rey sedang memberi kuliah

ManiakMotor – Teori mengendara dan praktek. Contoh circuit rule atau peraturan menyangkut sirkuit, racing suit (baju balap), riding position (gaya balap), racing riding technique seperti braking dan cornering.

Itu yang memberi pelajaran Rey Ratukore, pembalap senior Yamaha. Tepatnya di acara Yamaha Indonesia atau workshop racing untuk komunitas di Sentul International Karting Circuit akhir pekan lalu. Materinya, teori dan praktek.

Lagi praktek

Diikuti puluhan anggota komunitas dari Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI), klub-klub R25, R15 dan Aerox 155. Mereka antusias, siapa tahu berguna kalau ikut Yamaha Sunday Race dan Yamaha Cup Race.

Kan komunitas R Series sering geber motornya di ajang Yamaha Sunday Race. Sedangkan komunitas Aerox 155 bisa tampil di Yamaha Cup Race. ”Workshop seperti ini bagus banget buat komunitas. Kami bisa tahu pengetahuan teknis dan basic riding yang tepat dan benar,” papar Imam Fajari yang Ketua Umum R15 Ravens15 Jakarta.

Bagi mereka latihan di sirkuit Sentul kecil ini bagus untuk latihan stamina dan fisik, serta meningkatkan skill. “Saya sendiri ikut kelas R15 Community B di YSR. Hobi balap bisa tersalurkan di sirkuit. Ilmu yang didapatkan komunitas dari workshop seperti ini bisa kami bagikan juga ke orang lain. Bagusnya mereka akan lebih percaya mendengarkan orang-orang yang sudah ikut event balapan resmi Yamaha dan workshop dari Yamaha,” tambah Imam.

Sementara itu, Iddy Lukmana dari Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) juga sependapat. ”Makin tahu pengetahuan tentang riding. Ilmu seperti ini yang mahal nilainya. Apalagi langsung dari ahlinya. Saya ikut kelas R25 Community B di YSR. Buat persiapan ini sangat bermanfaat,” tutur Iddy Lukmana.

Gomes dari R25 Owner Community Kaskus (ROCK) mengatakan komunitas membutuhkan workshop seperti ini. ”Pengetahuan bertambah soal balapan dan safety riding juga. Dapat meminimalisir kecelakaan saat balapan di sirkuit. Selain itu, sebagai pengguna R25, komunitas pun ikut bangga memakai motor produksi Yamaha Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia lewat Galang Hendra yang menang tahun lalu di World Supersport 300 di Jerez riding dengan R3,” papar Gomes.

Muhammad Ridwan, member Aerox 155 Riders Club Indonesia (ARCI), menyebutkan ilmu dan pengalamannya bertambah dengan mengikuti workshop ini. ”Saya jadi makin paham khususnya mengenai riding style dan riding position. Pengetahuan itu yang ingin saya gali lebih dalam. Apalagi hobi balap, ingin ikut Yamaha Cup Race kelas Aerox 155 buat komunitas,” ucap Muhammad Ridwan. Rilis Yamaha

BACA JUGA

Jadwal Yamaha Cup Race :

Seri 1 : 31 Maret – 1 April (Medan)

Seri 2 : 21 April – 22 April (Singkawang)

Seri 3 : 12 Mei – 13 Mei (Pangkep)

Seri 4 : 30 Juni – 1 Juli (Aceh)

Seri 5 : 14 Juli – 15 Juli  (Tasikmalaya)

Seri 6 : 28 Juli – 29 Juli (Pontianak)

Seri 7 : 13 Oktober – 14 Oktober (Polman)

Final : 24 November – 25 November (Surabaya)

Jadwal Yamaha Sunday Race di Sentul International Circuit :

Seri 1 : 7 – 8 April

Seri 2 : 5 Mei – 6 Mei

Seri 3 : 7 Juli – 8 Juli

Seri 4 : 11 Agustus – 12 Agustus

BAGIKAN