nhk

Jelang MotoGP Valencia 2018: Marquez Atau Honda Yang Juara..?

ManiakMotor – Tulisan seperti ini sudah berulang ditampilkan portal ini, entah tulisan dari semua referensi dan saduran. Dulu, saat Valentino Rossi lagi jaya-jayanya, katanya bukan Yamaha juara, tapi Rossi. Sekarang Marc Marquez yang juara mulu, sama saja.

Marquez merajai pentas MotoGP, bukan karena Honda-nya, tapi lantaran Marquez-nya. “Wartawan seperti Anda ini, pasti akan bilang Marquez yang juara. Eh… tunggu dulu!” kata Direktur Teknik HRC, Takeo Yokoyama pada wartawan yang menanyakan hal yang sama.

Yokoyama punya argumen sendiri, bahwa antara Honda dan Marquez telah terjadi koloborasi. Marquez mampu membawa motor selalu di atas limit setiap sesi latihan. Katanya, cara Marquez itu mempermudah mekanik menyusun set-up setiap lomba. Bahkan bisa juara, walau bertarung bukan di sirkuit berkarakter Honda.

Lantas Yokoyama menjelaskan lebih detil. Dengan juara konstruktor, itu tandanya Honda memang motor juara. Juara konstruktor ini telah direbut Honda ketika Marquez juara di Malaysia. “Marquez tak bisa bekerja sendiri untuk juara konstruktor. Artinya motor kami memang mumpuni,” tambah Yokoyama.

Satu lagi, konstruktor sudah didapat, kejuaraan tim juga penguatnya. Menuju Valencia yang lombanya minggu ini, Repsol Honda Team sudah 39 poin dari Movistar Yamaha MotoGP dan 64 poin di depan tim Ducati. MM

BAGIKAN