nhk

JelangMotoGP Argentina 2017: Ducati Cocok Dengan Termas de Rio Hondo

04 Dovi Qatar 2017-1

ManiakMotor – Sirkuit Termas de Rio Hondo salah satu yang ada pada target Ducati. Sirkuit di Argentina itu punya karakter yang pas dengan tunggangan Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Tipikalnya cepat. Tikungan-tikungannya meluncur deras pada lintasan sepanjang 4.8 km dengan 14 tikungan tersebut.

Memang sih prestasi terbaik Ducati dalam tiga penampilan di sana posisi kedua lewat Dovizioso pada 2015. Tahun lalu sebenarnya ada kans, namun antar Ducati senggolan. “Apa punlah Termas cocok buat Ducati. Masih bersemangat nih dari hasil Qatar dan ada data baru dari tes Jerez,” sebut Dovi dengan nada riang.

Dovi sebut sirkuit Termas seperti tahun lalu di hari pertama seperti sesi FP1 dan FP2 memang menyulitkan. Itu sirkuit kotor yang ditenggarai kegiatan balapan di Termas yang jarang. Tapi biasanya hanya terjadi pada hari pertama. Selanjutnya akan bersih sendiri yang disapu motor peserta. Juga racing line terbentuk oleh bekas roda kontestan Moto3, Moto2 dan MotoGP sendiri.

Seperti tadi, Termas pas dengan Ducati yang boleh diperiksa di data. Terutama top speed yang masih dipegang Ducati dan kebetulan Dovi sendiri yang mencetaknya. Tahun lalu Dovi mencetak puncak kecepatan di trek lurus 1076 meter Termas dengan 327.2 km/jam. Sedang yang kedua rekan setim yang lama, Andrea Iannone.

Trek lurus Termas itu nggak benar-benar lurus. Diawali tikungan kecepatan menengah lantas ada dua lekukan, namun sudah dianggap lurus. Tapi Ducati mampu meluncur dan bisa mecapai kecepatan puncak di ujung trek lurus. ”Itu hanya sebagian modal kami. Masih ada data lain yang bisa dikembankan di Termas,” timpal Jorge Lorenzo yang sedang ditunggu keterampilannya dengan Ducati. Miolo

BAGIKAN