nhk

Jelas Tes MotoGP Qatar 2017: Tes Privat Honda Di Jerez, Akselerasi Mesin Big Bang?

93 marquez tes Jerez 2017

ManiakMotor – Tujuan HRC atau Honda Repsol Team ke Jerez, Spanyol tentu menguji semua karakter mesin baru mereka. Dengar saja keluhan pembalapnya di tes Sepang dan Philip Island. Di Sepang, mereka sudah merasakan putaran bawah yang terlalu halus. Halus di situ berarti masih kurang percaya pada torsi yang ada hubungan dengan akselerasi pada mesin big bang mereka.

HRC membawa dua pembalap intinya, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Tes tersebut boleh dianalisa kurang lancar. Selain Marquez terjatuh pada hari kedua yang dikabarkan bahunya terkilir, walau ternyata nggak serius cideranya.
Lalu hari pertama tes, Marquez dan Pedrosa lebih banyak di paddock, hujan deras bro.

“Saya jatuh sore jelang berakhir test. Sebelumnya sudah menguji motor sesuai rencana,” kata Marquez sembari cerita, elektronik dan mesin baru mereka belum harmonis. Bahkan terasa antara putaran selongsong gas dan mesin masih belum kompak.

Pedrosa hampir sama komentarnya. Katanya karena hari pertama tes hujan, besok paginya di Jerez nggak maksimal. Walau mengaku bisa memanfaatkan waktu test, tapi dari omongannya masih harus dilanjutkan ke tes Qatar. Ya belum puas.

Di Philip Island, kondisi yang sedang diuji di Jerez ini sulit dilacak. Sebab sirkuit di Australia itu tuntutannya cepat terus alias putaran tinggi. Buat mesin RC213V Big Bang di sana sudah dianggap baik. Itu dilihat dari Marquez tercepat kedua yang diperkuat sosok Pedrosa ketiga.

Intinya HRC ingin menguji putaran bawah motor mereka. Sebab Jerez adalah sirkuit yang menuntut akselerasi kuat pada gigi-gigi rendah. Sirkuit tersebut salah satu sirkuit yang dipakai MotoGP yang bertipe macam itu. Pas buat menguji kemampuan mesin di putaran bawah yang masih meragukan pembalap dan timnya. Miolo