nhk

JJ Kembali Jelajahi Dunia Dengan Motor

 

 

 

ManiakMotor – Petualangan sih biasa. Tapi dengan motor sendirian keliling dunia, hanya pemilik nyali besar yang bisa. Tidak biasa kan. Bikers Jeffrey Polnaja orangnya. Keliling dunia, coy.  Manusia dari Bandung, Jawa Barat ini kembali mengembara dengan BMW1200GS. Ini yang kedua kali, si bro jack  pusing-pusing dunia dengan motor.

Pertama 2006 dengan target 45 negara, tapi sanggup datang ke-72 negara. Dia berangkat 23 April di tahun itu, kembali ke Indonesia 30 November 2008.  Dua tahun duduk di atas jok sama dengan born to ride. Naik bebek separuh Jakarta saja, pantat keringatan dan buru-buru ingin pulang ke rumah. “Tanggal 26 April 2012 saya harus ke Eropa. Dari sana awal berkelana itu,” kata Polnaja dalam siaran persnya.

Di kolong bumi, semua tipe jalan akan dilewati JJ, begitu Jeffrey disapa. Aspal, tanah pengerasan, lembah, gunung dan padang pasir akan dijelajahi. Yang paling menyiksa suhu Eropa yang dingin. Tapi dia biasa-biasa saja tuh. “Misinya bertualang berkaitan dengan perdamaian. Temanya kali ini ride for peace,” tambah JJ yang memang punya hobi bertualang.

JJ semacam promosi gratis tetang Indonesia seperti yang dilakukannya 2006. Hadir di antara klub motor di dunia, dia selalu membawa nama Indonesia. Maaf ya, yang didatangi klub, bukan geng.  Ketemu geng benaran yang naik moge yang bukan bebek di sana, juga peace bro, salam brother sesama penunggang kuda besi

Pada petualangan pertama itu juga, JJ mendatangi event-event besar khusus klub motor. Semacam jambore klub di sini. Sosoknya sebagai undangan. JJ terdaftar di klub dunia sebagai orang ‘gila’ bermotor dari Indonesia. Misalnya, Adventure Day di Safsen Resort, Swedia. Lalu,  BMW Motorad Day di Garmisch Partenkirchen, Jerman yang dihadiri 45.000 bikers dari 42 negara. Dia satu-satunya rider Asia. 

Di sana dia berpidato soal pelastarian alam dan pentingnya persaudaraan di antara pecinta motor. “Motor hanya alat, agar pedamaian berlangsung sepanjang zaman,” kata yang satu-satunya orang Indonesia yang mengitari dunia dengan motor, menirukan paparan.

JJ ingin bertualang dunia dengan motor setelah puas menjelajah seluruh Indonesia. Pada 2001 tercetus ide menjelajah dunia yang didedikasikan untuk perdamaian. Namun, tahun itu dia mengalami kecelakaan yang nyawanya hampir terbang. Dokter pun memvonis lumpuh. Tekad dan semangat menyala, dalam 6 bulan, JJ  pulih.

BERITA TERKAIT:
 
Pesta Otomotif Di PRJ, Sudah Dimulai (Foto)
Zeneos, Ban Keren Performa Ajaib
PT Gajah Tunggal TBK, Persiapan Serbu PRJ Dengan Zeneos
Persiapan Pabrikan Di PRJ Dalam Gambar
AHM Luncurkan Honda PCX150 Di PRJ
PRJ, Benelli Cafe Racer 1130 cc Yang Otot Kawat
Dilelang ! Ducati GP11 Rossi dan Ducati GP10 Stoner
Merchandise Resmi Valentino Rossi
Perangko Motor Manca Negara
Toko Rock N’roll Bikers
Ekspedisi Nusantara Honda, Tak Sekadar Uji Motor
 


Prestasi

Nama                           : Jeffrey Polnaja

Lahir                            : Bandung, Jawa Barat 18 Juni 1962

Pendidikan                   : Sarjana

Muri                             : Pengembara dunia dengan motor seorang diri

Hobi                             : Sejak muda mendaki gunung

Karir bertualang            : 1978 di Aviantara Aero Club (terbang layang)

Solo flight                    : Pesawat layang dual seater dan single seater

Dengan motor   : Honda CB 100 pinjaman, seorang diri seJawa Bali

Tahun 1987                  : Gabung Bala Turangga Horse Riding Club,  meraih piala

  kejuaraan nasional spesialisLompat Rintangan (Horse Show Jumping).

 

 Tahun 1996                  : Captain M.A.T, peringkat pertama bertualang di

 

BAGIKAN