Joan Mir Turut Alami Masalah Grip Ban di Mandalika: Hampir Jatuh Tiap Tikungan!

    Maniakmotor – Joan Mir iba ketika melihat Marc Marquez alami kecelakaan yang sangat kencang di tikungan ke-7 Sirkuit Mandalika, pada 20 Maret 2022 lalu. Pasalnya, Mir merasa sebagai salah satu yang paling mengerti derita Marc.

    Masalah grip ban yang dialami Marc juga ia rasakan mulai dari sesi free practice, hingga akhirnya hanya bisa dapatkan posisi ke-18 di kualifikasi.

    Daripada balapan, Mir merasa seperti dipaksa untuk tidak jatuh di tiap tikungan. Setiap tikungannya seolah sudah berada di batas motor itu bisa melaju. Padahal, ya hanya ke-18 di kualifikasi.

    “Saya sangat susah payah untuk mencari settingan terbaik. Mau elektronik, geometri dan apa pun. Seri ini (Mandalika) rasanya seperti mau jatuh di setiap tikungan, rasanya seperti sudah di batas namun masih pelan di belakang joki lain,” ceritanya.

    Lagi-lagi keluhan dari pembalap tertuju pada ban Michelin model baru yang digunakan khusus Sirkuit Mandalika.

    “Grip (ban) belakang saya sangat minim dari ban model lama. Ditambah model baru ini, semakin menjadi-jadi. Masalah terbesar sangat terasa ketika masuk ke tikungan, terutama dengan kencang,” lanjutnya.

    Syukur ada hujan yang memberikannya grip lebih pada race di hari Minggu.

    “Tanpa itu mungkin saya tidak finish di balapan hari itu. Pasti asya jatuh karena saya terlalu berada di limit motor setiap tikungan pada sesi-sesi sebelumnya di kondisi Sirkuit Mandalika kering,” jelas Mir.

    Hal sama dirasakan teman setimmnya Alex Rins. “Dengan ban soft rasanya sudah di batas ban itu bisa melaju. Namun dengan kompon keras rasanya juga terlalu keras,” tuturnya.

    “Sama seperti Mir, dengan ban depan Michelin versi ini saya selalu berada di batas potensi ban tersebut setiap tikungannya,” kata Mir mendukung pernyataan Joan Mir.

    Akhirnya cuaca hujan menyelamatkan duo joki Suzuki Ecstar itu yang finsih di posisi 5-6 pada MotoGP Mandaliak 18-20 Maret 2022.

    Dengan pernyataan ini, Michelin semakin terpojok oleh protes joki-joki yang mulai masuk ke dalam perebatan itu.

    Honda sendiir akan bertemu dan berdiskusi dengan pihak produsen ban Prancis dalam waktu dekat.

    MM

    BACA JUGA

    Bos Michelin Terkejut oleh Puig, Tim Lain Bisa Kencang Dengan Ban Baru!