nhk

John Surtees Si Juara GP500 Dan F1 Meninggal Dunia Jumat 10 Maret 2017

Surtees Dan Rossi
Surtees Dan Rossi

ManiakMotor – Legenda motorsport John Surtees meninggal dunia pada hari Jumat 10 Maret 2017. Dia meninggal di umur 83 tahun. Surtess satu-satunya pembalap di dunia yang pernah juara dununia di balap motor dan mobil. Surtess adalah orang yang bahasanya digunakan di dunia, ya Inggris.

Surtees mengikuti kejuaraan dunia pertamanya di grand prix balap motor 1956. Dua tahun di sana atau 1958 dia juara di 350 cc. Lalu pada 1960 dia juara GP500. Pindah ke roda empat yang sekarang disebut F1, dia pun juara pada 1964 dengan Ferrari. Asal tahu saja, Surtess juga pernah juara di balapan motor yang ‘gile’ amat alias Isle of Man TT.

Surtees ini yang ingin disamai oleh Valentino Rossi ketika enam tahun lalu, Rossi mulai coba F1 dengan Ferrari. Tapi usaha Rossi itu akan sulit mengingat usianya sekarang sudah 38 tahun. “Jika ada orang yang akan melakukannya masa kini, hanya Valentino yang memenuhi syarat. Dia pembalap yang serba bisa dan berbakat untuk mobil juga,” kenang Surtees.

Rossi juga berbicara khusus atas meninggalnya Surtees di sela tes MotoGP Qatar. Katanya, Surtees adalah pembalap istimewa. Bisa juara di GP500 dan Formula One. “Saya turut belasungkawa dan keluarganya semoga tabah. Untung saya sempat bertemu dengan dirinya sampai 4 kali,” sebut Rossi.

Kami juga turut berduka cita. MM

BAGIKAN