nhk

Jok Motor Berkantung Udara dari BMW, Pengendara Tidak Pegel

Jok, BMW, Airhawk, motorrad

ManiakMotor : BMW Motorrad telah merancang jok dilengkapi dengan kantong udara. Produsen sepeda motor Jerman itu menamakannya Comfort  Seating System AirHawk. Jadi, pengendara betul-betul terasa nyaman ketika melakukan perjalanan jauh. Sadel ini diaplikasi pertama pada model BMW R1200GS dan Adventure (petualangan).

Apa keistimewaan jok AirHawk ini? Apakah sama seperti kantung udara pada mobil yang melindungi pengemudi dan penumpang depan saat terjadi tabrakan? Jok Airhawk ini dirancang sangat ergonomis dengan dimensinya lebih rendah 31.75 mm dari versi standar. Pada bagian atas diperkuat bahan seperti jaring membantu pengendara tetap terasa hangat dan dingin.

Jok, BMW, Airhawk,
Tombol (kanan bawah) buat mengatur udara di dalam kantung

Dari rancangan itu, bobot pengendara terdistribusi dengan baik keseluruh jok. Trus, tubuh pengendara bisa dicegah tidak maju sampai ke tangki bensin. Kemudian, sadel ini bisa meminimalkan titik-titik tekanan dan memberikan penyerapan dari efek sokbreker, terutama pada pinggul dan tulang belakang.

Asyiknya, jok itu bisa disetel sampai kita terasa nyaman dan enak saat berkendara. Caranya, ada satu unit pompa yang terintegrasi dengan kantong-kantong yang terdapat pada jok. Pengendara tinggal menyetel sesuai dengan kondisi permukaan jalan. Intinya, jok ini bikin pengendara terbebas dari panas dan pegel linu. Asyik. MM

BAGIKAN