nhk

Joki ‘Melayu’ Hafiz Syahrin Ke MotoGP 2018, Gantikan Folger, Sejarahnya Asean

ManiakMotor – Makin bikin iri saja dengan Malaysia soal balap motor. Kini Hafizh Syahrin naga-naganya yang nggak bau naga, segera terdaftar di MotoGP 2018. Dia akan menggantikan Jonass Folger yang kurang sehat di Yamaha Tech 3. Syahrin akan berpasangan dengan Johann Zarco. Ah… ruar biasa…

Belum ada pernyataan resmi dari pihak tim dihuni Syahrin dan Tech 3 yang berkepentingan. Namun arah menuju ke sana sudah semakin kental. Itu ditandai dengan bisik-bisik antar paddock saat testing resmi MotoGP di Sepang, Malaysia beberapa hari lalu.

Di saat sama, nama Syahrin yang sejak 2014 di Moto2 itu justru digantikan Zulfahmi Khairuddin. Tahun ini Syahrin teken kontrak SIC Racing Team yang merupakan tim milik sirkuit Sepang. Namun dengan pengumuman singkat, mereka menyatakan Khairuddin untuk Moto2. Khairuddin ini dulu juga di Moto3, namun dua tahun belakangan ikut World Supersport.

Syahrin yang berusia 23 tahun itu awal karirnya di balap moge ikutan di IRS Sentul di awal-awal dibuka. Tapi memang bakatnya luar biasa, dia langsung dipromosikan ke ARRC. Sebentar di Asia langsung diboyong ke FIM Repsol dan targetnya berhasil dengan juara di sana, bukan pelengkap. Tahun lalu dia Moto2 punya tiga podium.

Bisa jadi, ada kaitan pernyataan Herve Poncharal, bos Tech 3, katanya dia berjuang menemukan bakat menarik untuk pengganti Folger. Untuk meneruskan dengan Yonny Hernandez, rupaya ada kesepakatan khusus dengan tim yang merekrutnya di World Superbike tahun ini.

Akhir cerita, itulah sejarah Melayu bisa di MotoGP. Anggap saja begitu supaya Indonesia ikut terbawa-terbawa. Kan masih Sumatera dan Kalimantan juga. MM

BAGIKAN