Jorge Martin Jadi yang Kedua Tercepat pada Tes Terakhir di Sepang MotoGP 2024, Ini Penyebabnya!

    ManiakMotor.com — Sang bintang tim Pramac Racing Ducati, Jorge Martin, berhasil meraih posisi kedua dengan lap tercepat setelah Pecco Bagnaia pada Tes Ketiga MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Sepang, Kamis (8 Februari 2024). Doi menyabet catatan waktu 1 menit 56,854 detik, berbeda 0,363 detik bila dibandingkan dengan Bagnaia. Sengit sekali bro!

    Kira-kira apa yang membuat pembalap asal Spanyol itu dapat gacor di tes hari ini?, Ducati Desmosedicci GP24 yang ditungganginya memiliki fairing baru yang menjadi salah satu faktor pendorongnya. Bagi doi, kuda besi andalan Ducati itu lebih stabil ketika dibawa bermanuver melewati tikungan.

    Hal yang membuat Martin lebih kompetitif diungkapkannya dalam kesempatan diwawancarai seusai tes dilansir dari situs GPone (8/02-2024), “Menurut saya sekarang kami memiliki paket (motor) untuk tahun 2024 yang lebih baik. Apa perubahannya? Lebih stabil, menawarkan lebih banyak downforce, tapi kami lebih harus membiasakannya.” ungkap doi.

    Martin juga menambahkan, meskipun memiliki downforce yang lebih besar, namun doi merasa motornya itu lebih lambat ketika mengubah arah di tikungan. Pembalap tim Pramac itu mengakalinya dengan melakukan perubahan gaya; beradaptasi dengan motor yang jauh lebih nge-grip.

    “Saya tidak menyangka bisa melakukan lap sebaik ini — katanya — saya melakukannya dengan fairing baru yang kemarin saya tidak suka karena melakukan perubahan pada set-up. Sayangnya saya melakukan kesalahan kecil di tikungan 3, namun pada akhirnya saya puas.” ucap Martin di momen yang sama.

    Tak kenal maka tak sayang, ya kira-kira begitu yang bisa mendeskripsikan hubungan Martin dengan fairing baru dari Desmosedicci-nya itu. Meski awalnya doi kurang sreg dengan perubahan yang ada tersebut, pada akhirnya di tes Sepang hari ini Martin bisa membuktikan hasil terbaiknya.

    “Saya pikir kami memiliki basis yang bagus. Kecepatan balapan? Pada lap kedua saya mendorong lebih keras dari yang seharusnya dan bannya lepas. Jadi ada beberapa masalah, tapi langkahnya cepat dan saya senang,” tutupnya.

    Dari situ, kita bisa melihat plus minus perubahan fairing yang dikembangkan Ducati. Makanya enggak kaget Ducati GP24 cetak rekor 1 menit 56 detik di tes Sepang kali ini. Walau kaget juga manusiawi sih, kan cuma ubah fairing dan knalpot. Hobah!

    -Diva-