Jospar! Porting Mx King GDT Bawa Aditama Juara Umum di Final YSR 2023! Ubah Peak Power dan Bench Flow

Maniakmotor – Enggak hanya mengandalkan CNC, tapi juga meracik dengan pisau korek. Hasilnya jospar, karena Mx King GDT racikan Gendut, bisa memberikan Aditama Racing juara umum di Final YSR 2023.

Tentu dengan ubahan portingan ini, karakter mesin Mx King milik GDT juga berubah. Peak power jadi lebih tinggi, begitu juga bench flow karena harus mengubah velocity yang menjadi lebih lebar.

Peak Power di sini adalah tenaga puncak motor yang dissuaikan pada RPM tinggi. “Sebelumnya 12,5 dan sekarang 13,5 mas. Walau beda 1 angka dari sebelumnya, untuk torsi motor juga tetap aman. Kata anak-anak kemarin enggak jauh beda, tapi atasnya jadi lebih dapat,” ujar Gendut, alias Widya Krida Laksana, kepala mekanik GDT Racing.

Ternyata ukuran portingannya ini ada pengubahan yang bisa dibilang cukup signifikan. Portingannya diubah 0,5 mm dari yang sebelumnya 31,5mm menjadi 32mm. Dari sana ada pengubahan velocity untuk memasok campuran angin dan bensin agar lebih mumpuni.

“Karena porting kita lebarkan, otomatis begitu juga velocity. Alhasil untuk bench flow menjadi lebih besar juga mas angkanya,” ujar mas Gendut yang mimin temui saat berberes pulang. Eits, sampai lupa juga kita tanyakan angka bench flownya, hehe.

Perlu bro ketahui, angka-angka racikan motor Mx King GDT ini bisa dibilang cukup berbeda dengan saingannya. Misalnya Bima Aditya, yang masih menyediakan banyak tenaga di putaran bawah untuk Mx Kingnya.

Ternyata untuk melayani peak power yang lebih tinggi ini, racikan noken as juga harus diakali. LSAnya sempit banget bro, hanya di angka 103 derajat. Sementara durasi nokennya ada di 31-60, jadi totalnya 271 derajat.

“Semua kita ukur mas, bergantung feed back dari pembalap juga. Karena ada kekurangan torsi, maka rasio kompresi juga kami ubah ke angka 14:0,” pungkasnya.

Sementara itu untuk handling yang lebih baik pada pembalapnya, GDT Racing ternyata juga memakai tipe sok terbaru dari ADD Suspenssion. Mantap deh bro, pantesan bisa curi momen dengan sempurna di putaran terakhir.

 

Jospar! Raider