nhk

Juara Suzuka 8 Hours 2019 Jadinya Kawasaki Racing, Bukan Yamaha

ManiakMotor – Kemenangan Yamaha Factory Racing (YFR) di Suzuka 8 Hours 2019 di sirkuit Suzuka, Jepang pada Minggu 28 Juli hanya sementara. YFR yang dinobatkan usai lomba bahkan sudah terima piala diprotes Kawasaki Racing Team Suzuka 8H.

Protes tersebut dikabulkan para juri lomba dan Kawasaki Racing dinyatakan sebagai pemenang. Tim ijo ini diperkuat juara WorldSBK Jonathan Rea. Juga ada Leon Haslam dan Toprak RAZGATLIOGLU yang semuanya papan atas di WSBK menggunakan Ninja 1000.

Bermula dari joki utama Kawasaki, Jonathan Rea kecelakaan jelang finish saat balap 8 jam berakhir. Juara World Superbike ini sedang memimpin balapan dengan selisih 16 detik dari rider Yamaha Factory Racing posisi kedua. Dari kecelakaan Rea akibat dari genanngan oli yang ditinggalkan dari kecelakaan pembalap Suzuki ini, muncul bendera merah.

Di saat sama, lantaran lomba sudah di atas 95 persen dianggap selesai. Maka pembalap Yamaha diperkuat Alex Lowes, Michael Van Der Mark dan Katsuyuki Nakasuga didaulat sebagai juara sembari naik podium.

Kawasaki pun membangun argumen. Katanya, hasil balapan harusnya berdasarkan posisi pada lap sebelum ada bendera merah dikibarkan. Dan ternyata itu yang benar dalam peraturan. Maka Kawasaki akhirnya juara dan Yamaha yang kedua. Gitu bro. MM

BAGIKAN