Juliari Batubara Mantan Ketum PP IMI Dan Sekarang Mensos Tersangka Korupsi Bansos Covid-19

Foto Istimewa: Ari Batubara

ManiakMotor – Juliari Batubara yang akrab disapa Ari Batubara saat ini menjabat  Menteri Sosial (Mensos). Ari yang juga punya nama besar di sport otomotif Indonesia lewat tim Penzoil awal 2000-an dan membawanya jadi Ketua Umum PP IMI 2003 – 2011 alias dua periode.

Ari Batubara dibacakan oleh KPK pada Minggu dini hari (6/12-2020) jadi tersangka korupsi Bansos Covid-19. Yang bersangkutan disuruh menyerahkan diri dan akhirnya memang menyerahkan diri pada  Komisi Pemberantasan Korupsi tersebut.

Ia disangkakan bersama Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kemensos ditetapkan sebagai tersangka. Adi Wahyono ini  yang tertangkap tangan uang suap dengan barang bukti uang 7 koper dalam pecahan dollar US dan Rupiah diperkirakan Rp 14,5 miliar. Ari dalam berita-berita penangkapan tidak termasuk yang tertangkap tangan.

Ari Batubara punya perusahaan dan dia Direktur Utama PT Wiraswasta Gemilang Indonesia dan Direktur Utama PT Arlinto Perkasa Buana dengan oli Penzoil-nya, ketika itu masuk pada semua cabang motorsport berlabel kejurnas. Dia memiliki tim kuat motocross, road race sampai mobil dengan speed offroad. Juga punya andil pada namanya balap motor siaran langsung televisi IndoPrix.

Ari Batubara memang dari keluarga pebisnis. Pendidikan tertinggi dilewatinya adalah  Business Administration with minor in Finance di Chapman University. Itu membawanya  sebagai Ketua IV Pemberdayaan Usaha dan Masyarakat PB PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia), tahun 2002 – 2004.

Dari Otomotif sebagai loncatan awal organisasi, ia jadi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia sempat menjabat sebagai anggota DPR dalam dua periode dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah.

Di di PDIP menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum pada periode 2019-2024. Ari jadi anggota DPR RI duduk di Komisi VI sebagai pakar dalam Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, dan Standarisasi Nasional. MM

BAGIKAN