nhk

Jumpa Pers MotoGP Brno 2018: Marquez Punya Strategi, Rossi Lupa Elektronik..!

ManiakMotor – Jumpa pers wajib menghadapi ronde 10 MotoGP di Brno, Ceko pada Kamis 2 Agustus 2018, digiring Marc Marquez vs Yamaha. Perjalanan babak kedua yang dimulai dari Brno ini, memang di klasemen dua Yamaha sedang kejar Marquez. Walau yang diundang ada Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing), Alvaro Bautista (Angel Nieto), Karel Abraham yang pakai helm NHK sebagai tuan rumah. Tentu Marquez dan dua Yamaha Valentino Rossi berserta Maverick Vinales.

Nampak yang hadir segar semua, karena baru liburan paruh musim. Seperti Marquez mengakui liburan kemarin menganalisa paruh pertama, “Ada yang bagus dan berusaha memperbiki yang keliru di paruh kedua yang dimulai dari Brno. Harus menggunakan mental yang sama, intinya itu,” sebut Marquez yang akan tampil ke-100 kali di Brno ini.

Marquez mengakui keuntungan memimpin klasemen menolong memanajemen mentalnya.“Keuntungan memulai paruh kedua di puncak klasemen. Akan tetapi harus menjaga mereka (Yamaha). Saya lihat setiap balapan banyak peningkatkan. Ini butuh konsentrasi khusus,” jelas juara enam kali tersebut.

Memang sih, jarak klasemen Marquez ke Rossi adalah 46 point. Sedang ke Vinales adalah 56 point. Berarti antara Rossi dan Vinales hanya beda 10 point. Masih akan banyak berubah dengan kampanye perbaikan motor Yamaha paruh musim kedua. Berubah itu adalah harapan buat Yamaha.

Tapi yang dibilang Rossi di jumpa pers tersebut seperti memainkan perasaan. Di sisi lain dia bilang jarak klasemen ke Marquez selisihnya besar. Tapi di lain pihak berusaha mendekati. “Saya lima kali podium, walau belum juara dari 9 seri lalu. Itu mantap. Sayang celah di klasemen dengan Marc cukup banyak,” komentar Rossi yang didengar Marquez duduk di sampingnya.

Katanya dirinya bisa posisi kedua di kejuaraan berkat kerja keras Yamaha juga. Itu sama saja mengakui ada peningkatan dari M1. Nggak bilang sih, karena Rossi lebih cerewet menuntut, “Memang tim mampu meningkatkan distribusi bobot pada motor. Keseimbangan meningkat. Dan masih masih perlu trik lain agar bisa lebih cepat,” tambah Rossi yang nggak sebut-sebut lagi elektronik! Saking lupanya sama elektronik skill-nya yang digunakan, hehe…

Sedang Vinales masih bicara soal podiumnya yang dua kali berturut-turut. “Sangat penting memahami motor, ronde demi ronde membaik. Tapi masih perlu perbaikan agar motor bisa digeber di atas limit. Masih banyak yang harus ditingkatkan dan perbaikan sudah pada jalurnya. Tinggal melakukan langkah yang berbeda,” timpal Vinales yang sesumbar ada sesuatu temuan yang mudah-mudahan berhasil digunakan di Brno.

Amin… MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang FP1-FP2 MotoGP Brno 2018: Lorenzo ‘Muak’ Dengan Pernyataan Dovizioso

MotoGP Brno 2018: Tidak Sederhana Bicara Elektronik M1, Terintegrasi Pada Onderdil

Jelang MotoGP Brno 2018: Lorenzo Sebut Rossi Bisa Curi Juara Dunia, Triknya Sulit Ditiru

BAGIKAN