nhk

Jumpa Pers MotoGP Catalunya 2017: Vinales Kerja Tim, Rossi 100 Persen? Dovi Terkejut, Marquez Bangkit

Jumpa Pers Catalunya 2017

 

ManiakMotor – Setiap pembalap MotoGP yang diundang ke jumpa pers wajib di Barcelona tempat sirkuit Catalunya berada, bicara yakin sakses. Sebab tidak ada pembalap yang menyerah duluan sebelum laga. Kendati punya alasan masing-masing yang mereka kemukakan. Apalagi di Catalunya tahun ini ada perubahan lay-out terutama di area tewasnya Luis Salom, pembalap Moto2 tahun lalu.

Yang diundang ditemu wartawan pada Kamis 8 Juni 2017 itu adalah, Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing), Andrea Dovizioso (Tim Ducati), Maverick Viñales (Movistar Yamaha MotoGP), Alvaro Bautista (Tim Pull & Bear Aspar) dan Marc Marquez (Tim Repsol Honda).

Jelas saja yang bicara diatur sesuai urutan di klasemen. Viñales yang diberi kesempatan pertama. Katanya, dia menjadi kuat dan memimpin klasemen, berkat timnya. Dia punya komunikasi yang baik dengan mereka sehingga selalu tercipta set-up motor yang satu karakter dengan sirkuit disinggahi. “Dulu walau Catalunya jadi kandang, puasa dengan juara. Sekarang targetnya wajib, nyaman dengan motor kok. Memang lay-out baru akan ada perbedaan, tapi akan bisa diatasi lewat setelan motor dan cara menungganginya,” sebut Vinales yang masih khawatir bila suhu panas, akan masalah dengan bannya.

Berbeda Dovizioso yang mengaku terkejut. Terkejut juga diberi kesempatan kedua bicara yang selama ini jarang didapatnya. Karena sampai di seri ke-6 lalu dia hanya ke-6. Tapi usai ronde 7,  dia yang kedua di klasemen. Terkejut kan..! “Perlombaan di Mugello kejutan. Asli, benar tidak mengharapkan juara. Kenyataannya kecepatan di Mugello sangat bagus. Waktu lap bisa dijaga konstan. Tapi di sini (Catalunya) ada jalur yang sangat berbeda dan saat tes kurang mulus. Jadi saya belum bisa bicara banyak,” kata Dovi yang mungkin menunggu kejutan seperti Mugello.

Dengan Rossi lain lagi ceritanya. Dia masih mengungkit kecelakaan motocross, walau kawan dan lawan di sampaingnya senyum-senyum wae. “Kondisi sih sudah lebih baik, tapi membutuhkan seminggu untuk 100%  fit. Sayangnya jadwal Catalunya hanya seminggu dari Mugello. Di Mugello sebenarnya saya tampil bagus di hadapan fans, tapi balapan butuh banyak lap dan di situ saya menderita. Berharap di Catalunya bisa lebih baik. Tinggal mendalami racing line terutama pada desain baru di sektor 4. Moga saja kompetitif dengan target podium,” jelas Rossi yang tahun lalu juara di Catalunya.

Giliran pembalap tuan rumah lain walau belum dipanggil sudah senyum duluan. Dialah Marquez yang dalam dua seri belakangan agak berantakan. “Setiap race penting, di negara sendiri   spesial dengan teman, keluarga, dan fans. Coba bangkit memberi 100% buat mereka. Saat ini Honda harus kerja keras dan jitu memilih ban. Seperti di Mugello, ban ternyata nggak bisa didorong sampai lap-lap ujung. Kuncinya hanya di ban, apalagi kalau suhu Catalunya panas,” sebut Marquez yang bicara soal lay-out baru yang disebut-sebut menguntungkan Honda. “Yang diubah hanya dua tikungan, tapi itu berpengaruh besar!”

Demikian cerita mereka. Eh komen Petrucci dan Bautista belum tuh. Nanti saja, saat mereka juara. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN