nhk

Jumpa Pers MotoGP Catalunya 2018: Marquez, Rossi dan Dovi Bicara Aspal Baru..! Sentul Sejak 1994..!

ManiakMotor – Aspal baru bukan hanya dambaan pembalap Indonesia di sirkuit Sentul yang sejak 1994 belum pernah diaspal ulang. Pembalap sekaliber MotoGP pun sangat senang bila sirkuit mereka datangi aspalnya disegarkan.

Itu dibicarakan saat jumpa pers wajib Di GP Catalunya pada Kamis 13 Juni 2018. Yang hadir temu wartawan itu adalah Marc Marquez (Repsol Honda Team), Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Andrea Dovizioso (Tim Ducati), Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing), Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol), Joan Mir (EG 0,0 Marc VDS), Jorge Lorenzo (Tim Ducati).

Seperti urutan klasemen, Marquez yang diberi kesempatan bicar petama. Pembalap andalan ini, sebenarnya lebih banyak bicara Lorenzo ke Honda, tapi tetap menyinggung  Catalunya yang katanya agak kesulitan buat Honda, “Tapi sekarang aspalnya baru. Bisa menolong Honda pada kondisi terkini,” papar Marquez yang akan berusaha membangun set-up sesuai lintasan.

Apalagi kalau Rossi yang cerita. Baginya aspal baru adalah berkah buat Yamaha. Ada bonus grip di situ, banyak mengandalkan mekanis, ketimbang elektronik,  “Tahun lalu kami sangat tersiksa di Catalunya. Aspalnya bumpy dan lemah gripnya. Tapi sekarang, aspalnya baru, tentu akan menguntungkan dari grip. Yamaha di sirkuit ini termasuk bagus,” papar Rossi yang juara di Catalunya 2016.

Kenapa aspal baru jadi dambaan? Pertama soal grip. Bila grip selalu dapat, pembalap akan lebih bebas dan lugas memutar selongsong gas. Penyetalan atau set-up untuk grip pun tak seribet bila rendah gripnya.

Di saat sama, tak perlu mikir-mikir dengan jalur yang bumpy. Kan mulus. Apalagi kalau gelombangnya persis di racing line, bikin ciut nyali itu. Bila nggak mau ciut, ubah racing line. Kalau aspal baru nggak perlu begitu, semua line sama, bisa digunakan, nggak perlu pilah-pilah.

Juga dibicarakan Andrea Dovizioso yang menang tahun lalu di Catalunya. Katanya, kansnya lebih besar, lantaran sirkuit diaspal lebih mulus, “Ini membuat kinerja motor meningkat,” papar Dovi yang nggak banyak bicara dalam jumpa pers tersebut.

Sedang Lorenzo ya bicara seperti pada tulisan sebelumnya. MM

BACA JUGA

FP1 MotoGP 2018: Rossi Tercepat Dengan Temuan Baru, Ke-2 Dovizioso, Lorenzo 3

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

MotoGP Catalunya 2018: Rossi Cs Nggak Sabar Melawan Cara Lorenzo Geber Honda

MotoGP Catalunya 2018: Ketahuan Juga Trik Lorenzo Ke Honda..!

MotoGP Catalunya 2018: Cerita Steering Damper (Stabilizer) Setang Kemudi MotoGP, Ohlins..!

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Marquez Ingatkan Lorenzo, Honda Beda Dengan Yamaha

BAGIKAN