nhk

Jumpa Pers MotoGP Misano 2019: Rossi Suka Swing Arm Karbon Dan Knalpot Baru M1

Menyambut MotoGP Misano, Rossi jalan-jalan dengan M1 di tengah kota Tavullia

ManiakMotor – Swingarm, ya itu dudukan roda belakang sekaligus ayunan rodanya yang di kita disebut lengan ayun. Di ujung depan lengan ayun ada pula dudukan monosok bawah. Maka lengan ayun bagian dari suspensi sekaligus rangka. Sudah pasti untuk ukuran motor balap sekelas MotoGP, peranti ini ikut menentukan rigid. Bahkan sampai sumbu roda dipengaruhi lengan ayun.

Dan Yamaha M1 baru lalu saat tes di Misano menyodorkan lengan ayun baru berbahan campuran almu dan karbon. Peranti yang diharapkan jadi obat grip ban M1 yang sensitif. Yamaha dianggap terlambat karena Honda dan Ducati sudah duluan. Padahal, barang itu sudah diminta Valentini Rossi lumayan lama.

“saya sangat suka barang baru Yamaha. Memang tidak banyak diharapkan sekarang, tetapi punya potensi bagus ke depan. Saya menyukai swingarm karbon dan knalpot model baru yang langsung mengubah karakter motor,” papar Rossi di jumpa pers wajib menyambut MotoGP Misano, San Marino pada 13 – 15 September 2019.

Khusus knalpot memang bagian dari mesin. Tapi peranti ini di tengah jalan boleh pula diubah menyesuaikan dengan riset. Tidak seperti mesin yang telah disegel duluan sejak awal seri. Dan di tes Misano, M1 juga membawa knalpot baru yang disebut Rossi mampu memunculkan tipikal yang lebih baik. Dia sih nggak sebut karakter sampai detilnya.

Persoalan utama M1 seperti yang dikeluhkan Rossi dan alasannya setiap lomba adalah grip. Di saat suhu aspal di bawah 40ºC, itu ban enak-enak saja seperti pada latihan sampai kualifikasi GP  Silverstone, Rossi di barisan depan. Tetapi saat lomba, tempratur Silverstone naik di atas 40ºC, dia pun kelabakan medapati performa M1 seperti di sesi sebelumnya.

Dua peranti disebut Rossi tadi otomatis bisa  dibawa ke lomba di Misano ini. Dan Rossi akan membuktikannya, “Yang jelas dengan hasil tes ada empat M1 di lima besar, berarti kami meningkat dari tahun lalu di sirkuit ini,” tegas Rossi dan mari tengok sebentar lagi sesi hari pertama FP1 dan FP2 pada Jumat 13 September 2019, siang. M11

BACA JUGA

Jelang MotoGP Misano 2019: Marquez Dan Rossi, Keduanya Pembalap Besar

MotoGP 2019: Lorenzo Hadir Di Misano Dipertahankan Honda Sesuai Kontrak

Jelang MotoGP Misano 2019: Yamaha 2020 Sangat Kuat, Nggak Mungkin Rossi Pensiun 2021