nhk

Jumpa Pers MotoGP Prancis 2018: Tekuak Akselerasi RC213V Marquez, Rossi Ke-5 Mirip Kejar Menang

ManiakMotor – Inti jumpa pers wajib GP Prancis pada Kamis 17 Mei 2018, digiring pada ketatnya persaingan di papan atas klasemen. Empat seri berlalu sudah berganti banyak posisi, termasuk pemimpin klasemen. Itu katanya karena Honda bisa memperbaiki akselerasinya. Suzuki juga dapat konsesi yang membuatnya bisa melawan. Ducati terus membaik. Tapi Yamaha gimana?

Temu wartawan ini dihadiri oleh Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Marc Marquez (Repsol Honda Team), Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3), Andrea Iannone (Tim Suzuki Ecstar), Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini).

Dimulai dulu dari Marquez yang memimpin klasemen. Katanya tahun lalu dia harus bekerja keras pada kecepatan tikungan. Sampai-sampai putaran mesin diusahakan ditahan agar tetap pada putaran ideal. Tujuannya, agar keluar tikungan akselerasi langsung nyambung dengan momen puntir tersedia.

“Memang tahun lalu, Honda lemah pada akselerasi, keluar tikungan banyak kehilangan waktu. Tahun ini, akselerasi meningkat banyak. Harapannya di LeMans ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tapi Yamaha selalu kuat di Prancis dan Johann (Zarco) memiliki motivasi ekstra, karena dia tuan rumah,” papar Marquez tak sebut Rossi yang duduk di kanannya hanya dibatasi si Zarco. Dia juga bilang peluang Ducati, Suzuki dan semuanya sangat dekat.

Omongan langsung ke Rossi deh. Walau di klasemen doski ke-6. Katanya The Doctor datang Le Mans dengan momen yang payah pada seri-seri sebelumnya. Tapi, Yamaha punya sejarah weekend yang gemilang di Prancis. Di sirkuit lain punya keluhan di Le Mans yang adem lintasannya grip dapat mulu. “Benar begitu. Tapi level saat ini sangat tinggi. Sangat rapat. Bahkan untuk ke-5, harus punya kinerja yang sama dengan juara,” papar Rossi sembari berjanji akan menyuguhkan kemampuannya di GP Prancis.

Pindah lagi pada yang pegang klasemen ke-2, joki tuan rumah pula, Johann Zarco. Dia hanya terpaut 12 angka dengan Marquez walau dengan M1 satelit Tech3. Sebagai tuan rumah, tentu punya mental tambahan soal penguasaan sirkuit dan keadaan. “Selalu mimpi menang. Le Mans lintasan bagus buat saya. Motor saya mirip dengan tahun lalu, tinggal menyetelnya lebih sempurna saja,” komen Zarco yang tahun lalu kedua di Le Mans.

Gitu dulu deh, eh Iannone juga bicara soal Suzuki-nya tuh. Katanya pokoknya jauh lebih baik dari 2017. Demikian juga Aleix yang mengkonfirmasi tetap dengan KTM untuk 2019-2020. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang FP1-FP2 MotoGP Le Mans 2018: Rossi Kembali ‘Keras’ Pada Yamaha, Tuntut SDM Elektronik Kreatif

Nih Pembalap MotoGP Yang Pasti Kontraknya 2019-2020, Lorenzo Ke Suzuki?

MotoGP Prancis 2018: Rins Lanjut Dengan Suzuki, Aleix Tetap Dengan Aprilia 2019-2020

MotoGP 2018: Rossi Tes Mugello Oke, M1 Di LeMans Selalu Mantap

Jelang MotoGP LeMans Prancis 2018: Marquez Cerdas Membangun Set-Up