nhk

Jumpa Pers MotoGP Prancis 2019: Marquez Setiap Sirkuit Beda Cerita, Munculnya Rins Dan Yakinnya Rossi & Vinales

ManiakMotor – Semua setuju, bahwa setiap seri MotoGP memiliki cerita berbeda. Memang tidak ada waktu yang sama, yang ada waktu jalan terus setiap hari berbeda dengan hari yang lain. Apalagi MotoGP pindah ke sirkuit yang berbeda kali ini di Le Mans, Prancis, tempat ronde 5 MotoGP 2019 pada 17 – 19 Mei 2019.

Itu dikatakan Marc Marquez pada jumpa pers wajib di Le Mans, Prancis pada Kamis 16 Mei. Temu wartawan ini dihadiri Marquez sendiri dari Honda, Alex Rins (Suzuki), Andrea Dovizioso (Ducati), Maverick Vinales (Yamaha) Fabio Quartararo (Yamaha Petronas), dan Johann Zarco (KTM). Dua pembalap disebut belakangan adalah wakil tuan rumah Prancis.

Bagi Marquez semua seri penting, termasuk Le Mans. Tetapi, lomba di Prancis ini punya cerita tersendiri, “Lay-out saja berbeda, sudah pasti butuh set-up tersendiri dari motor dan manusia yang membawanya. Ini sirkuit cenderung stop and go. Yang terpenting buat saya adalah poin 25. Itu yang saya buru,” kata Marquez yang juga cerita tes Jerez berlangsung dengan baik.

Bila Marquez cerita 25 angka itu sama saja mematok juara seperti yang dilakukannya tahun lalu di Le Mans. Dan dia juga wajar patok mematok angka, siapa sih nggak kenal Marquez? Ini pembalap yang setiap seri wajib diunggulkan. MotoGP saat ini memang dia yang paling konstan sejak sesi latihan sampai balapan.

Agak beda dengan Alex Rins yang jarang tampil di jumpa pers dan mendapat giliran kedua bicara. Karena posisinya di klasemen memang kedua di bawah Marquez. Hebat kan? “Ah kami tetap eling wospodo, menginjak bumi. Saya tidak terbawa suasa, tetap pada rancangan awal tim. Setiap balapan meningkat. Kami tahu Le Mans dengan stop and go akan jadi rumit buat Suzuki. Tetapi kami siap…!” seru Rins yang menunjuk GSX-RR-nya berbeda kinerjanya dengan tahu lalu alias sudah meningkat.

Giliran yang bicara Dovizioso yang ketiga di klasemen. Seperti biasa diawali dengan senyuman khasnya. Kata dia komposisi di klasemen saat ini sangat bagus, terutama dengan masuknya Rins wakil dari Suzuki, Seperti sudah dijelaskan, tahun ini kami punya modal lebih bertarung di di kejuaraan. Sedang Le Mans cocok buat saya. Tinggal atur strategi. Tahun lalu motor punya kecepatan, tapi nasib bercerita lain,” papar Dovi dengan tenang.

Harusnya yang keempat bicara  Valentino Rossi. Sayang jagoan dari Italia ini nggak diundang atau memang tak datang di jumpa pers. Tapi di luar acara resmi ini Rossi menegaskan Le Mans sirkuitnya Yamaha. Dia enjoy bermain di situ, “Sama dengan saya, podium di Jerez menambah percaya diri di Le Mans. Yamaha dalam data selalu dapat hasil baik di Le Mans,” timpal Vinales, teman setim Rossi yang hadir di konfrensi pers tersebut.

Sedangkan dua anak Prancis Zarco dan Quartararo bicara layaknya sebagai pembalap tuan rumah. Keduanya tak ingin mengecewakan penonton dan pendukung mereka. Quartararo malah meyakinkan akan menyerang ‘abang-abangnya’ seja sesi latihan, kualifikasi dan terutama race. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

MotoGP Prancis 2019: Pedrosa Memulai Petualangannya Dengan KTM

Jelang MotoGP Le Mans 2019: Gawat Nih Yamaha, Tinggal M1 Yang Belum Juara Nih..?

Jelang MotoGP Prancis 2019: Munculnya Percaya Diri Vinales

BAGIKAN