nhk

Jumpa Pers MotoGP Sachsenring 2017: Dovizioso Aneh Klasemennya, Rossi Main Beda, Marquez-Vinales?

Jumpa Pers Sachsenring 2017

 

ManiakMotor – Temu wartawan di Jerman, Kamis (29/7-2017) dalam rangka ronde 9 MotoGP berlangsung ‘aneh’. Itu menurut Andrea Dovizioso (Ducati Team) yang diberi kesempatan pertama untuk bicara. Sepanjang karirnya sudah 9 tahun di MotoGP, ya baru kali ini mendapat kehormatan bicara pertama yang artinya dia sedang memimpin klasemen.

Tapi sebelumnya mari tengok dulu siapa saja yang hadir di jumpa pers wajib tersebut. Selain si Dovi, memang mantap jumpa persnya. Empat joki yang bersaing ketat di klasemen semuanya dihadirkan. Tuh ada Maverick Viñales (Movistar Yamaha MotoGP), Marc Marquez (Tim Repsol Honda), Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP). Ada juga Danilo Petrucci (Pramac Racing Octo) yang belakang sering sodok ke depan dan Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3).

Dovi yang langsung bicara masih merasa aneh, namun tetap bebicara lancar di depan pers. Katanya, memang aneh, tapi itu hasil kerja keras darinya dan tim untuk membangun setelan motor yang pas pada setiap sirkuit. “Termasuk di Sachsenring ini, bukan tak mungkin juga, tim akan menyusun set-up terbaik. Sebab, Sachsering punya aspal baru yang belum pernah dites oleh siapa saja. Ada hal yang berbeda dari tahun lalu di situ, terutama pada ban,” sebut Dovizioso yang juga sudah antisipasi cuaca yang kerap berubah.

Vinales yang bicara kedua, seperti mengulang pernyataannya jelang balapan Jerman. Katanya dia banyak melakukan kesalahan sendiri, sehingga kehilangan point banyak di klasemen. Dia sudah belajar dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama seperti di Assen. “Terutama dalam hal cuaca yang berubah-ubah. Harus mempersiapkan ban yang pas pada kondisi seperti itu. Soal motor, nggak ada yang salah, bahkan dalam kondisi basah,” tutur Vinales yang di Belanda jatuh.

Strategi berbeda akan dimainkan oleh The Doctor. Begitu pernyataannya saat dapat giliran bicara. “Sebab jarang terjadi di MotoGP seperti sekarang situasinya mudah berubah dari ke lomba ke lomba. Assen dan Sachsenring, tipe sirkuit yang berbeda. Penanganannya juga harus berbeda setiap seri. Cara itu membuat saya tetap dekat dengan klasemen. Tinggal menunggu cuaca yang saat hujan dan kering, tahun lalu saya lumayan baik. Maunya sih kering, kering sekalian demikian juga basah. Tapi apa pun kondisinya saya siap,” sebut Rossi yang saat ini berada di klasemen ketiga dengan selisih 7 angka dari yang memimpin.

Kalau ditanyakan pada Marquez soal lomba di Sachsenring ini, tentu dia akan mengulang juara lagi. Pembalap ini sudah menang 7 kali beurut sejak GP125 sampai MotoGP. “Di masa lalu, sirkuit ini seperti milik Honda. Tapi tahun ini berbeda dengan melihat situasi setiap seri ada-ada saja perubahannya. Apalagi aspalnya baru. Belum lagi kalau balapan flag to flag. Tapi dengan keunggulan itu, ada rasa yakin untuk bisa menanganinya,” komentar Marquez dengan santai.

Untuk omongan Petrucci dan Folger nanti belakangan saja ya. Kalau mau ini videonya omongan lengkap mereka. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN