nhk

Jupiter-Z Pakai Per Kopling Satria FU, Wuuuuzzz…!

Per klep

 

Diameter ulir dan tinggi per  kopling Yamaha Jupiter Z dan Suzuki Satria FU sama, tapi soal kemampuan beda. Batang per FU lebih besar 0,5 mm.  Sehingga kekuatannya untuk meregang mendorong kampas dan pelat kopling lebih kuat. Bila digunakan Jupiter,  past tarikan berubah responsif.

Bisa digunakan Jupiter berarti juga boleh pada Yamaha Vega R. Jumlah pegas Jupiter hanya empat dan FU 5 biji. “Bisa beli empat biji saja untuk FU,” kata Kris yang bukan mekanik tapi pramuniaga toko spare part dan bengkel Standard Motor di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Maksudnya untuk per kopling FU bisa dibeli satuan. Harga sebiji  per FU Rp 2.500 dan milik Jupiter Rp 14.000.  Itu asli bro alias genunine part pabrikan masing-masing. Jika Jupiter telah pakai per FU, tuas kopling yang telah menggunakan manual terasa berat sikit. Juga entakannya lebih besar dari aslinya, itu yang masih pakai kopling semi otomatis.

Urusan bongkar dan menggantinya silakan minta tolong bengkel tetangga. Yang penting sudah tahu, bahwa per Satria FU lebih murah dan lebih kuat mendorong kopling. Tapi daya tahannya belum tahu, karena portal ini belum mencobanya. ManiakMotor

 

BAGIKAN