nhk

Jurus Irit Mio Soul GT (& Mio J)

 

 

 

 

 

Beberapa orang berkomentar miring, promosi Mio J dan sekarang Mio Soul GT yang mengklaim konsumsi bahan bakar motor matik ini lebih irit 30%. “Ini bukan omong kosong, karena semua sudah ada buktinya dan sudah diuji,” ujar Abidin, GM Servis Yamaha.

 

Setidaknya ada 4 jurus Yamaha Jepang dalam membuat mesin matik irit berteknologi FI yang benar-benar baru ini. Advanced Low Friction Technology.  Gesekan yang terjadi di dalam mesin dibuat seminimal mungkin agar tidak ada power loss sejak tenaga dibangun di dalam mesin.  Misalnya penggunaan bearing (laher) pada stang piston, kruk as, camshaft, yang semuanya low friction serta teknologi roller pada cam shaft dan kruk as yang ringan. 

           Penggunaan DiASil Cylinder dan Forged Piston. Blok silinder yang diciptakan adalah menggunakan aluminum khusus dengan  tingkat pemuaian yang terukur serta pemakaian piston istimewa.  Kombinasi ini menjadikan jarak celah piston dan blok mesin akan stabil. Bandingkan dengan mesin konvensional yang ketika mesin panas, tenaga mesin jadi memble karena celah ini menyempit akibat pemuaian blok mesin dan piston yang tidak presisi.


      


Fuel pump atau pompa bensin yang berada di dalam tangki, kini dibuat mungil, listriknya tanpa arang (brushless) dan makan sedikit setrum. Dengan kebutuhan strum minimal, kebutuhan listrik untuk mesin tidak akan terganggu. Dan dengan desain dan teknologi pompa bensin yang baru ini, semprotan bensin ke injector makin sempurna.

Jurus keempat adalah penggunaan YMJet-FI. Ini sejatinya adalah teknologi pada Yamaha MotoGP yang diterapkan di motor jalanan raya umum. Sistem ini tergolong canggih lantaran dilengkapi air assist passage (jalur aliran udara) dan dua buah throttle valve yang tidak dipunyai oleh motor matik lain di Indonesia.

 Ketika motor kami bawa ke Katulistiwa Surya Nusa dan dilakukan dyno test, haslnya cukup mengejutkan. Air-Fuel Ratio  (AFR) nya mencapai 15,9 yang artinya, pada rpm tinggi atau pun rendah, konsumsi bahan baker sangat irit. “Dari angka perbandingan campuran bensin dan udara itu sudah ketahuan motor ini irit banget,” jelas Ovie Sardjan, spesalis tuner di bengkel balap itu.

 

BERITA TERKAIT:
Injeksi Mio J Sederhana
Yamaha Nouvo SX 125 Versi 2013
YZ250F 2012 Ganas Tapi Jinak
Guru SMK Dapat Mio J
RIDING IMPRESSION MIO SOUL GT, di Sirkuit Kecil Sentul
Mio Soul GT

 

  

          

 

4.        

 

 

 

 

BAGIKAN