nhk

Tips Motor; Cara Bikin Treker Tonjok Piston

ManiakmotorSaat ganti atau servis kampas cakram depan maupun belakang  wajib mengembalikkan posisi normal piston kaliper. Pasti posisi piston akan keluar akibat kampas yang sudah tipis. Itu biasanya sulit didorong. Jangankan dengan posisi minyak rem masih penuh dengan tekanan udara hidroliknya, kosong pun  susah.

Apalagi kampas diganti baru yang daging kampasnya tebal-tebal, posisi piston tad iwajib ditekan alias ditonjok ke dalam agar kampas mudah masuk pada kaliper dan cakram saat kaliper dipasang pada dudukannya. Biasanya harus keluar keringat buatm enekan piston tadi. Sebelum pada kebanjiran keringat ente baca dulu tulisan ini sampai habis..bis. Ingat ya tipsnya dikasih Masrukin dari bengkel Kin’s Motor Banyuwangi, Jatim.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Bikin saja trekernya dari pelat kampas cakram bekas. Gampang kok, tambahannya hanya baut dan mur, boleh bekas boleh juga beli yang Rp 15 ribu (gbr-1)” terangnya sambil tangannya mengepal pertanda mau nonjok reporter yang nanya mulu. Sabar dong bro, biar cepat beres tunjukin saja alatnya yang sudah jadi biar reporte lekas pulang (gbr-2).

Doski juga membuat treker tonjok tadi dari beberapa kampas bekas motor yang berbeda bentuk dan dimensinya. Tiap motor kadang-kadang kan berlainan bentuk kalipernya otomatis butuh treker beda pula.

Bermodal dari kampas bekas tadi bro yang berambut kribo ini hanya menambahkan baut sekali gus mur 12. Nah mur tadi dilas di pelat kampas bekas (gbr-3). Cara menggunakannya pun mudah. Pertama pasang dulu trekerpada kaliper yang mau ditonjok pistonnya. Lalupa sang baut 12. Tinggal putar baut tadi pake kunci 14 (gbr-4) piston akan turun atau masuk sendir iakibat tekanan baut tadi.

Mudah kan?? GS

BACA JUGA

Jupiter MX Pakai Per Kopling Tiger, Tarikan Muantap Brosist..!

Laher Kruk-As Mio Dan Xeon, Harga Beda, Kekuatannya Juga

Cara Akali Kopling Berat Honda Tiger, Ganti Punya New Mega Pro

Cara Pilih Kenalpot – Knalpot Racing Harian, Perhatikan Diameter Dalam Lehernya

Satria FU Skir Klep, Nggak Ganti Shim

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353