nhk

Kabel Gas Macet CBR1000RR, Penyebab Stoner Celaka Di Suzuka 8H 2015, HRC Minta Maaf

 

ManiakMotor – Tidak sepentasnya memang Casey Stoner kecelakaan berat di Suzuka 8 Hour pada 26 Juli 2015. Tikungan tusuk konde tempat dia jatuh juga nggak sulit-sulit amat. Saat masuk tikungan pun meluncur halus, namun tiba-tiba CBR1000RR  Stoner tak terkendali pada kecepatan tinggi dan ternyata Stoner memeras kopling di saat bersamaan. Sudah jelas Stoner salto-salto dan motornya putar-putar di udara.

Sesuai penyelidikan kecelakaan dramatis Stoner itu, Honda Racing Corporation (HRC) menemukan ada yang tidak beras pada throttle CBR1000RR. Yang disebut throttle adalah selongsong gas. “HRC meminta maaf pada Casey  dan berterimakasih yang dilakukan Casey pada event Suzuka 8 Hour,” sebut pernyataan HRC.

Kerusakannya karena macet atau  tidak balik ke posisi semula. Saat diperiksa itu selongsong gas masih terbuka 260 dan diyakini persoalannya utamanya dari kabeln throttle. Spesifikasi alat tersebut memang dikhususkan untuk CBR1000RR untuk turun pada ketahanan. Diklaim berbeda dengan versi standar jalanan yang digunakan selama ini.

Masalah seperti itu tidak muncul sebelumnya. Saat digunakan latihan dan saat dikebut pembalap pertama. Namun di tangan Stoner tiba-tiba ngambek. HRC pun mengambil keputusan untuk memproduksi throttle tersebut dan akan merancang yang baru untuk ketahanan.

Tim Musashi Honda yang dibela Stoner saat di jam pertama dikebut Takumi Takahashi masih kedua. Stoner sendiri posisinya pembalap kedua menggantikan Takahashi. Saat tugas Stoner tim ini bisa memimpin dan akhirnya jatuh. Ketika Stoner jatuh otomatis tim ini berhenti berlomba lantaran motor rusak berat. Paling ngenas lagi bahu Stoner cidara dan kaki kanannya retak.

Walah sial. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Tak Punya Duit, Forward Yamaha Gagal ke Amrik

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Punya Otak Macam Komputer, Begitu Kata Pak Galbu

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Rossi Mulai Beraksi Dengan SE YZ450F

MotoGP 2015 Jelang Indianapolis: Juragan Dibekuk Polisi, Rider Forward Yamaha Mulai Waswas

MotoGP 2015 (Jelang Indianapolis): Home Race Terakhir Buat Hayden?

BAGIKAN