nhk

Kawasaki Gempur Ducati dengan Z1000SX Facelift

 

 

ManiakMotor – Kawasaki dan Ducati tak cuma bertarung di arena kejuaraan dunia superbike (WSBK). Di luar itu, mereka juga bersaing di produksi motor jalanan jenis sport (sportbike). Buktinya, begitu Ducati meluncurkan Supersport 939 untuk pemula, Kawasaki lantas memperkenalkan ZX-10RR. Gempuran Kawasaki terus berlanjut dengan persiapan model Z1000SX Facelift (Z1000SXs). Itu namanya saling bantai, nggak ada cerita bantu.

Untuk meyakinkan konsumennya, Kawasaki Heavy Industries (KHI) menampilkan sosok Z1000SXs dalam bentuk gambar (paten). Dari gambar yang dihasilkan komputer itu, Kawasaki tidak menonjolkan inovasi teknis dan aerodinamis karena memang dijaga jangan sampai dibantai sebelum nongol benaran. Dari gambar itu tersirat kalau Z1000SXs baru ada penyegaran mulai dari mesin sampai sasis. Yang pasti enaklah, iya lebih enak dari bebek, hehe. Kan duit nggak bohong.

Intinya, Kawasaki Z1000SXs ditujukan buat mereka yang suka jalan, bukan di trek balap. Makanya, beberapa media tidak berharap kalo moge ini bertenaga sekitar 140 dk. Kendati begitu, teknologi di arena motogp ada pada motor ini, terutama menyangkut ke stabilan saat bermanuver. Itu terlihat dengan terpasangnya sayap (wings) pada fairing. Dan desainnya tegas meniru dari Kawasaki H2 Supercharged.

Kenapa Kawasaki perlu menelurkan versi facelift? Tadinya, Z1000SX ini sendirian di ceruk. Namun kemudian, Suzuki GSX-1000, KTM 1290 Super Duke GT, dan MV Agusta bisa mendekatinya. Selain itu, tak satu pun dari model Z1000 maupun Z1000SX memenuhi standar Euro 4. Baru versi facelift inilah. 

Lantas di mana perbedaan Z1000SX dengan versi Faceliftnya? Perhatikan lampu depan sudah LED dan mirip dengan ZX-10R. Trus, desain fairing sama sekali baru sebagai indikasi yang jelas  adanya perubahan. Terutama pada pengikat windshield.

Pada mesin, Kawasaki belum berani terang-terangan. Hanya disebutkan tenaga jantung masih sama dengan pendahulu, hanya sudah lebih bersahabat alias sesuai Euro4 dan suara dikit lebih halus. Soal kenyaman dan kestabilan, Z1000SX sudah diakui, makanya tidak banyak berubah signifikan pada kerangka Twin-spar aluminium. Maliq/MM

 

 

BACA JUGA 

Produk Baru : Akhirnya Kawasaki Perkenalkan ZX-10R 2016, Buaanyak Teknologi Canggih, Siap Bersaing Sama Yamaha dan Honda 

Kawasaki W800 Perpisahan Produksi Bermuatan Teknologi Berstandar Terkini 

Kawasaki Segera Luncurkan Sportbike Di PRJ 2016, Penantang Vixion Dan CB150RKawasaki Beri Sinyal Hidupkan Aliran Retro Klasik Sampai Ke Indonesia

BAGIKAN