nhk

Kawasaki New Ninja 250 2013 ABS, Garansi Safety

ManiakMotor – ABS atau anti-lock brake system, merupakan piranti yang pernah dijanjikan Kawasaki Motor Indonesia pada New Ninja 250. “ABS semata untuk safety,” jelas Katsuaki Fujiwara, mantan pembalap Kawasaki SuperSport 600 cc dunia yang sekarang ikut di ARRC memperkuat Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Dari namanya saja jelas dia orang Jepang. Fujiwara hadir di Parkir Timur, Senayan, Jakarta Pusat dalam peluncuran New Ninja 250 ABS, 22 September 2012 yang diadakan KMI. Dalam acara itu dijelaskan sedetilnya fungsi yang bukan asal bapak senang tersebut. Bahwa, ABS garansinya untuk keamanan sama dengan keselamatan.

ABS mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak yang tidak terencana, penyabab sebagian besar kecelakaan. ABS bekerja lewat sensor yang dipantulkan bilah-bilah (jeruji) pelat bulat yang dipasang pada poros roda.

Sensor ini akan memberi perintah kepada piston kaliper rem, agar piston mengencangkan dan mengendurkan jepitannya pada cakram. “Kecepatan buka-tutup jepitan piston, juga bekerja sesuai perintah saat direm deras atau tidak,” papar Freddyanto Basuki, Manajer Marketing KMI.

Hasilnya, sewatu-waktu angkot di depan sembarangan berhenti mendadak, roda tetap bebas membuat pengendalian jadi stabil walau rem tiba-tiba. Kan kalau roda terkunci, efeknya setang akan terlipat atau goyang. Bila roda belakang yang terkunci, motor akan ngepot sejadi-jadinya. Dengan ABS, hal seperti  itu dieleminir. Cieeeet.., nggak bunyi begitu bro, ABS..!

“Dasarnya ABS dapat dilakukan secara manual pada rem cakram biasa. Caranya, tuas rem sesekali dilepas dengan gerakkan cepat,” lanjut Fujiwara. Iyalah, itu hanya bisa dilakukan yang telah mahir macam kau bro.  Maksudnya, dengan ABS ini nggak perlu jadi pembalap, hanya gaya-gaya balap boleh saja.

Speksifikasi mesin New Ninja 250 ABS ini sama saja dengan New Ninja 250 yang diluncurkan dua bulan lalu. Bedanya hanya dikit-dikit pada warna dan harganya Rp. 56.900.000. Adib


BERITA TERKAIT:

Kawasaki Family, Pesta Geng Ijo Di Senayan

Kawasaki New Ninja 250, Injeksi Vs ABS

Ninja 150RR New, Itu Ninja Komputer!

Kawasaki Ninja 300 Versi Amerika, Pakai Slipper Clutch, Apa Itu???

Kawasaki Ninja 250, Bukan Ijo..?

Suzuki Inazuma Dijual Rp 46 Jeti, Mahal Nggak..?

AHM Luncurkan Honda PCX150 Di PRJ

2.      

3.    

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353