nhk

Kawasaki New Ninja 250 2013, Bikin Kaget PDG Variasi

 

 

 

ManiakMotor – Tampang Kawasaki New Ninja 250 bikin kaget pedagang variasi. Disangkanya hanya perubahan injeksi dan ABS. Faktanya rangka, bodi dan lampu didesain ulang.

“Stok variasi ditumpuk sesuai speksifikasi lama. Diperkirakan dengan ABS dan injeksi, permintaan New Ninja melonjak dan diikuti variasinya,” kata Ariawan, pengusaha aksesori dan modif Baru Motor Sports (BMS) dari Palmerah, Jaksel.

Itu omongan pedagang lho, bukan maniakmotor.com. Sebab, bukan hanya tampang manis, namun juga fungsi bodi. Fairing, tudung dan instrumen satu kesatuan  berkaitan saling menyambung temalinya yang berhubungan. Panjang ya artinya! Penampilan atau yang terkenal di portal online disebut fitur-fiturnya, memang berubah total. Model New Ninja 250 seperti filosofi Ninja asli yang semua unsur alam harus mengalir.

Penyaluran udara dengan performa mesin saat ini, sirkulasinya dibikin lancar. Udara pun dibagi dua bagian. Ke atas sebagai downforce dan ke bawah untuk mesin. Ke mesin dimanajemen airscoop atau kisi-kisi alias lubang angin yang satu arah.

“Udara usai mendinginkan radiator dan kulit silinder, diteruskan sirip-sirip ke  samping bawah. Jadi, udara akibat panas mesin tidak akan menganggu pengendara. Saat berhenti macet pun, ada ekstra kipas sebagai pendingin radiator dan meniup udara panas ke bawah,” papar Keisi Fukumoto, senior manajer desain dan gaya Kawasaki Jepang.

Moncong fairing yang diapit dua lampu, sampai semua sudut bodi diakhiri artistik segitiga. Bukan oval atau melengkung seperti desain biasanya. Toh, dari kejauhan New Ninja malah kelihatan bulat. Ruarrr biasa..!

Konsep dari dua lampu depan bagian atas langsung dialirkan windshield atau tudung angin yang cantik. Lekukan itu ada artinya. Artinya, pengendara harus tiarap, agar aerodinamika jadi satu arus dengan desain helm pengendara. Paling tidak, wajah mendekat ke tudung saat motor dikebut.

Sikut pengendara kudu diapit ke dalam, lantaran telah tersedia coakan di kiri-kanan di punggung tangki bahan bakar. Coakan di bawahnya untuk diapit paha. Semua fitur itu ada artinya. Bukan asal fitur.  

Aliran udara juga telah dialihkan ke samping yang ditandai dua lampu depan yang melebar kiri-kanan seperti siku-siku. Sekali lagi, itu bukan fitur sembarang fitur namun ada artinya, bro. Di motor sport seperti New Ninja, pengendara bagian dari aerodinamika. Contoh pembalap MotoGP di trek lurus, tiarap dan menyatukan diri  dengan motor, agar angin dialirkan dengan bagus sampai ke buritan.

Lalu pedagang tadi ke mana? Ya, dia harus bikin dua versi variasi, Ninja lama dan baru. Adib

BERITA TERKAIT:

Kawasaki New Ninja 250, Injeksi Vs ABS

Kawasaki Ninja 250, Bukan Ijo..?

Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

Ninja 150RR New, Itu Ninja Komputer!

Test Ride Yamaha All New Jupiter Z1

  

 

BAGIKAN