nhk

Kawasaki Ninja 250 RR Mono; Konversi Ninja 150 RR 2-Tak Oleh Tiga Jepang

 

ManiakMotor – Sekitar 2012 Kawasaki Heavy Industri (KHI), prinsipal sepeda motor Kawasaki di Jepang memulai proyek besar. Mereka rancang tipe sport pegganti Kawasaki Ninja 150 RR. Walau, Ninja 150 telah jadi ikon motor sport kencang larinya dan penjualannya di Indonesia. Motor ini harus berhenti diproduksi 2015 karena standar emisi gas buang Euro 3. Bisa saja lolos, namun mengorbankan peforma mesin 2-tak.

Hadirnya Kawasaki Ninja 250 R sampai Ninja 250 Fi tidak menggoyahkan pasar Ninja 150 RR. Mesin 2-tak identik mesin mudah dibetot dengan handling lincah. Maka KHI membentuk tim dan merumus mesin 4-tak setara Ninja 150. Adalah Fukami yang menjadi Manager R&D Development proyek. Ia dipasangkan dengan Gotoh selaku Chief Mechanic dan Nozaki yang tugasnya sebagai test rider. Ketiganya ‘ngantor’ di KHI Jepang. “Kami sudah menghitung matang penggunaan mesin KLX250S di pasang pada Ninja 250 RR Mono,” kata Fukami.

Dengan diameter bore 72 mm dan langkah piston 62,1 mm, karakter mesin KLX250 boleh menyamai Ninja 150 2-tak. “Hitungan girboks berubah total bersama crankcase. Yang lain masih sama dengan KLX250S,” dukung Nozaki dengan bahasa Jepang yang fasih, hehehe.

Gotoh tidak hingat lagi ada berapa variasi rangka yang ia buat. Namun, sejak awal sasis didesain, main framenya tidak banyak berubah, sesuai konsep dasar sport bike tubular. Yang banyak gonta-ganti dalah bahan. Juga sering dicoba sudut rake, karena sangat menentukan karakter mesin dan rangka.

Dirasakan portal ini pada Ninja 250 RR Mono saat sesi test ride di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jawa Barat 15 Februari lalu. Ueeenak dikendalikan. Tenaganya tepat, sesuai sasis dan bodi yang ramping, memberikan feeling berkendara yang baik. Tidak perlu beradaptasi lama dengan Ninja 250 RR Mono, langsung kepegang.

Bobot dan tenaga salah satu penentu Ninja 250 RR Mono sama lincah dan agresif dengan Ninja 150 2-tak. Pembandingnya selisih bobot dengan Ninja 250 Fi yang dua silinder adalah 21 kg. Salah satunya disumbang roda belakang lebih ringan 500 gram. Jarak sumbu roda berselisih 70 mm lebih pendek si Mono. Belum lagi mesinnya cuma satu silider.

Ergonomik cocok dengan tubuh orang Indonesia. Tangki bahan bakar membumbung dan mengecil kebelakang, tidak mengganggu lengan ketika sedang bermanuver. Sisi dalam lengan tidak terhalang  tangki, lebih bebas bergerak. Tinggi jok yang pas dengan penataan foot step. Keduakaki pun gampang menjejak ke tanah untuk menopang motor.

Dengan spesifikasi tadi, ini motor akan sangat pas dipakai dilalu lintas negeri ini yang lebih sering padat ketimbang lengang. Mesin sering bermain pada putaran tengah, dan disitulah power mesin dari Ninja 250 RR Mono sedang lucu-lucunya. “Saya lama mempelajari karakter Ninja 150, terutama agresifnya. Supaya motor ini benar-benar setara untuk versi 4-Tak-nya,” jelas Nozaki.

Tuh beli.   Adit

BACA JUGA

Motor Baru 2014: Sudah Bisa Dibeli Kawasaki Ninja 250 RR Mono (Satu Silinder), Harga…?

Test Ride Kawasaki Ninja 250 RR Mono; Power Bawah Halus, Handling Sangat Mudah

Kawasaki Ninja 250 RR Mono, Pakai Mesin KLX250S, Girboks Aspal 28 DK

 

BAGIKAN