nhk

Kawasaki Ninja 250 RR Mono, Pakai Mesin KLX250S, Girboks Aspal 28 DK

 

 

ManiakMotor – Mesin Kawasaki KLX250S atau D-Tracker 250 sudah terbukti andal. Performa motor ini untuk garuk tanah atau adventure cukup disenangi dan dengan mudah diubah versi jalan raya dengan supermotonya. Cabut-cabutnya cukup mudah di medan yang sulit.  

Lebih mudah lagi bila sudah konversi  ke jalan raya lewat Kawasaki Ninja 250 RR Mono yang barusan dilaunching. Motor ini berbasis mesin dari KLX250S.  Karena direvisi di sana-sini  sampai giboksnya, terjadi kenaikan 4 dk dari spesifikasi asli KLX atau D-Tracker. “Ooo, itu akibat dari penggunaan injeksi dan beberapa penyesuaian, misalnya timing pengapian untuk jalan raya,” jelas Yesuke Shimada, selaku assistant GM Marketing Kawasaki Motor Indonesia  (KMI).

Perhatikan baik-baik pada motor yang saat berita ini diketik masih dicoba keandalannya di Sentul oleh para awak media. Pada mesin asli KLX250, hanya mampu memproduksi 18 kw atau setara 24 dk pada 9.000 rpm. Pada Ninja 250 yang satu silinder ini ada 20 kw atau setata 28 dk dari KLX.

Tenaga tersebut diproduksi diameter piston 72 mm dan langkah piston 61,2 mm yang sama dengan 249 cc. Format ini tak berubah dari KLX. Bahkan rasio kompresi yang ikut menentukan tareek-tareeek motor, sama saja antara KLX250 dan Ninja 250 Mono.

Torsi puncaknya yang di data KLX250 sudah ideal di 7.000 rpm pada Ninja 250 Mono naik 1000 rpm dengan lontoran berbeda. Di KLX 21 Nm pada Ninja 22 Nm. Torsi ideal dibikin lebih tinggi, lantaran dibutuhkan di jalan raya yang memang jalanannya mulus. Apalagi saat jumpa jalananan yang kosong, silakan gas terus. Power band-nya atau rentang tenaganya dapat enaknya di 8000 rpm tersebut.  

Sampeyan juga tahu, mesin KLX2560 sudah DOHC alias double over head chamshaft. Di kepala silindernya ada dua kem atau noken-as yang menggerakkan empat katup. Katup yang membuka dan menutup suplai gas bahan bakar yang dikirim injeksi  memiliki throttle body berdiameter 30 mm.    

Mengingat-ngingat mesin KLX250, performanya di garuk tanah hanya setingkat di bawah special engine atau motocross profesional. Dari jarak yang sama untuk meloncati table top, KLX250 bisa melakukan hal yang sama bila digunakan crosser profesional. Artinya, saat dipasang untuk jalan raya, reaksi Ninja 250 RR Mono sudah pasti responsif atau gesit di jalanan seperti Jakarta. Apalagi dengan bodi yang langsing. Adit

 

BACA JUGA

Test Ride Kawasaki Ninja 250 RR Mono; Power Bawah Halus, Handling Sangat Mudah

Motor Baru 2014: Sudah Bisa Dibeli Kawasaki Ninja 250 RR Mono (Satu Silinder), Harga…?

Penjualan Motor Sport Yamaha Tetap Nomor Satu, V-Ixion Rajanya

Awal 2014 Honda Rebut Segmen Sport

 

 

 

BAGIKAN