nhk

Kawasaki Ninja 300 Versi Amerika, Pakai Slipper Clutch, Apa Itu???



ManiakMotor – Canggih juga kopling Ninja 300 versi 2013 yang diperkenalkan di Amerika dan Eropa. Pakai sistem slipper clutch, kopling pintar, brosist. Kalau ABS tak asing karena nantinya akan digunakan pada Kawasaki New Ninja 250 edisi 2013 yang telah dipasarkan di Indonesia. Juga motor itu telah dicoba awak portal ini di Sentul.

 

Teknologi kopling dan kapasitas perlu dinaikkan untuk pasar Amerika, karena Ninja 250R kurang populer di sana, walau ngetop di pasar global. Itu Amrik, negara pembuat  moge-moge kelas berat di dunia. Maka Kawasaki harus mengakali ‘motor kecil’ tapi kemampuannya moge.  

Dengan menambah 50 cc volume bakar, jelas lebih kuat. Lalu ditambah dengan kuncian teknologi slipper clutch. Ini alat rangkaian pada rumah kopling yang mengatur secara otomatis transfer  daya ke roda.

Peranti itu mampu mengoreksi torsi mendadak, deselerasi berlebihan dan pengaruh guncangan jalanan kriting saat motor melaju. Di balapan moge 4-tak seperti MotoGP dan superbike, perangkat ini wajib.

Fungsinya tidak melulu pada kinerja, tetapi juga safety dan kenyamanan. Akselari tidak akan terputus karena setiap ada kekosongan daya slipper clutch yang mengisinya. Sebaliknya begitu terjadi deselerasi mendadak dan roda terkunci, slipper clutch akan membebaskan daya yang sedang berlawanan dengan kompresi, gejala yang berbahaya saat dikendarai. Motor jelas kembali stabil dari geol-geol dan berdangdut yang tidak terkontrol akibat banyak minum antimo.

Sama saja begitu ditarik mendadak, tidak ada goyang Karawang di sana. Tenaga tidak secara otomatis tumpah ke roda, tetapi enerji  ditrasfer secara berkala.

Fungsinya kira-kira sama dengan rem ABS yang tidak mengunci roda walau direm mendadak dengan keras. Toh jarak berhentinya sama dengan rem biasa. Jadi maaf ya, alat itu bukan untuk meringankan tuas kopling… wkwkwk

Intinya begitu soal slipper yang dipasang pada anaknya moge alias Kawasaki 300 untuk merayu konsumen Eropa dan Amerika. Sebab dengan penambahan 50 cc, tenaga telah berada pada 39 dk. Berarti speksifikasinya jauh dengan Ninja 250 yang dijual di Indonesia. Beda bro, terutama sliper clutch itu. Tampang sih yah mirip-mirip. Ito 

BERITA TERKAIT:

Kawasaki New Ninja 250, Injeksi Vs ABS

Tampang Kawak New Ninja 250, Bikin Kaget PDG Variasi

Ninja 150RR New, Itu Ninja Komputer!

Kawasaki Ninja 250, Bukan Ijo..?

 

      

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353