nhk

Kawasaki Pensiunkan Z800 Diganti Z900, Saingi Yamaha MT-09

Kawak, Z900, India, Moge,

ManiakMotor – Merasa tidak mendapat pasar yang baik, Kawasaki memensiunkan model Z800. Sebagai penggantinya, Kawasaki Heavy Industrie (KHI) memperkenalkan Z900 di ajang pameran EICMA, Milan, Italia. Bersamaan dengan itu, Kawasaki juga meluncurkan Z650 menggantikan ER-6n.

Kawak, Z900, Moge, India
Kerangka tubular, menvurangi bobot

Kelebihan dari Z900 yang ditugaskan menjadi pesaing Yamaha MT-09 terdapat pada sasis yang ringan, lengan ayun (swingarm) dan mesin. Dari tampilan, street-fighter punya garis-garis tajam pada bodi yang telanjang (naked). Diperkokoh lagi dengan sasis teralis yang semuanya baru. Sehingga bobot Z900 lebih ringan menjadi 210,5 kg.

Kawak, Z900, India, Moge, Indonesia
Sok belakang monosok horizontal

Untuk moge di bawah 1.000 cc sudah tidak ringan. Tapi, Kawasaki sudah berhasil menyunatnya, termasuk dari pelek palang lima yang lebih pipih. Untuk roda depan diikat dengan suspensi model upside-down 41mm, sedang belakang monosok horizontal.

Dengan berubahnya tampilan, kurang elok jika tidak diimbangi dengan performa mesin. Jantung pacu lama 806 cc kurang ganas, maka dipinjam dari Z1000 yang berkapasitas 948 cc baru in-line empat silinder. Tenaga maksimum yang disalurkan ke roda belakang 123,6 HP.

Z900 juga menawarkan Assist dan Kopling Slipper dan ABS sebagai model standar. Untuk

Desain indikator yang simpel, tidak menggangu mata
Desain indikator yang simpel, tidak menggangu mata

mengurangi jalu kendaraan, roda depan dipasangi cakram dengan dua disk yang masing-masing dijepit oleh 4 piston calipper. Pengendara  terasa nyaman karena tinggi jok 794mm, sehingga kedua kaki bisa menapak ke aspal.

Belum ada kabar, apakah Z900 akan segara masuk pasar Indonesia. Di India sendiri moge ini diimpor, sedang yang Z650 dirakit di negeri Bollywood. MM

BAGIKAN