nhk

Kawasaki Vulcan, Digarap Dua Rumah Modif, Suntikan NOS

kaawak-underdog-modif

ManiakMotor – Dalam banyak kegiatan di Festival Glemseck 101 di dekat Leonberg, Jerman, awal September lalu, ada acara Essenza Sprint Challenge. Balap di jalan raya mirip di Isle of Man (Inggris), bedanya dilepas dua-dua yang akhirnya dimenangkan oleh Carl Fogarty. Menarik lain dari balapan ini, modifikasi pada motor balap yang bisa dibilang sedikit “edan”.

Seperti yang dilakukan pada Kawasaki Vulcan, meski akhirnya tidak menang sama Triumph Thruxton R besutan Carl yangg sudah dipasangi supercharged. Nah, Kawak ini pun, tenaga mesin sudah disuntik pakai nitrous oxide (NO). Sehingga, tenaga standar mesin 641 cc ini dari hanya 61 PS terdongkrak sampai 150 PS. Masih kalah sama Triumph yang 200 PS.

Lonjakan signifikan ini bukan sematan karena NO saja. Rumah modifikasi Holy yang menggarapnya banyak menyentuh bagian lain. Seperti crankshaft sudah ditimbang dan dihaluskan, diikuti dengan penggantian kepala silinder dan setang piston yang khusus pula.

Sistem injeksi bahan bakar, bawaan motor diganti dengan punya Ninja ZX10-R yang 43 mm. Ini pun masih di modif lagi menjadi dua injektor per silinder. kemudian rotor generator diringankan. Kompresi pun sudah tinggi, yakni 13,5:1. Tak heran lonjakan power bisa sampai dua setengah kali dari standar.

Tenaga besar, tapi motor berat dan rem masih standar, sama saja bohong. Nah, urusan sasis dan suspensi diserahkan pada rumah modifikasi Warm Up Motorcycles (WUM). Karena power sudah besar tentu yang harus dibenahi rem. Di sini WUM mengganti rem depan dan belakang dengan cakram dan kaliper dari Galfar. Juga master silinder rem dan kopling.

Agar bobot kendaraan berkurang sasis pun dipoles. Begitu juga dengan pelek standar dibuang dan diganti model palang dari HE yang dicat sesuai dengan warna bodi. Trus, pijakan kaki dimundurkan ke belakang dipasangi punya LSL. Termasuk handlebar, grip setang, dan masih banyak lagi perintilan lainnya.

Maklum, Kawak Vulcan yang dikasih nama “The Underdog” ini bukan cuma balap saja. Tapi, juga dipajang mencuri pandangan penonton. Dari hasil modifikasi, bobotnya menyusut tinggal 185 kg. Sayang, dalam balapan tidak naik podium. Ya, sesuai dengan namanya, coba kalau “The Winner” mungkin lain. Maliq

BACA JUGA

Kawasaki ZX-10R Punya Warna Baru, Teknologi Masih Sama

Kawasaki Gempur Ducati dengan Z1000SX Facelift

Kawasaki W800 Perpisahan Produksi Bermuatan Teknologi Berstandar Terkini

Tuas Rem/Kopling Chrome SYS Buat Kawasaki KLX, Material Dijamin, Modelnya Keren

BAGIKAN