nhk

Kawasaki Z1000 2014; Supernaked Yang Tidak Nekad

 

ManiakMotor – Tepat juga 5 November Kawasaki New Z1000 diluncurkan, tapi bukan di Indonesia bro. Tepatnya digerek ke booth Milan Motor Show atau EICMA. Disebut hampir kembali ke zaman ‘purba’ yang hampir telanjang  habis alias supernaked, tapi tidak terlalu nakad. Bisa memperlihatkan otot-otot seperti manusia purba yang berotot alamiah. Kalau zaman sekarang gym habis untuk jadi sixpack atau otot bertingkat sampai perut juga berotot.

Itulah yang ingin ditonjolkan pada Z1000 versi New. Sebab, bila diperhatikan, tidak benar-benar baru alias sasis masih persis pendahulunya. Yang membedakan karena ‘nekad’ telanjang. Empat header leher kenalpot menuju buffer  dan silincer sangat jelas alurnya. Apalagi pada bagian buffer, kenalpotnya berpisah, ya ada di kiri dan kanan.  Kenalpot ki-ka yang disebut menekan nilai kebisingan, tapi tidak dijelaskan desibelnya.

Juga ditambah bak mesin dan bodi silinder  dengan urat-uratnya jelas dengan kasat mata. Terus, sasis  yang bersentuhan dengan dudukan mesin dan persimpangan bodi, semua lisnya juga kentara. Termasuk sokbreker depan yang katanya katup pistonnya lebih besar untuk memompa kompresi memanjang dan memendek pada suspensinya. Sokbreker ini lebih empuk untuk mereka yang hobi meniru gaya balap di jalanan. Purba juga alias pura-pura balap.

Semua itu tampak jelas alias tidak seperti pendahulunya yang masih kebanyakan plastik pembungkus. Itulah yang disebut Supernaked pada Z1000.  Komposisi ini dituntaskan dengan lampu depan LED dengan batok lampu  tajam, selaras dengan buntut yang runcing. 

Desain supertelanjang ini juga diiringi ergonomik Z1000. Tidak dijelaskan perubahan style mengemudi ada di bagian mana. Bila diperhatikan, setang kemudi lebih rendah. Yang lainnya peningkatan pada reaksi power  ketika selongsong gas dibetot.  Dan sebagainya termasuk fungsi rem yang lebih pakem. MM

BACA JUGA

Ducati Moster 1200 2014; Si Monster Yang Tidak Menakutkan

Honda FireBlade SP 2014; Sudah Ada Tuh, Di Milan..!

MV Agusta Turismo Veloce 800 2014; Sangar Bin Gahar, 8 Tingkat Kontrol Traksi

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353