ke-20 di Mugello, Andrea Dovizioso: Kekencangan Yamaha M1 adalah di Awal dan Tengah Tikungan pada Ujung Ban! Saat Balapan Saya malah Membawanya Seperti Ducati

    Maniakmotor – Andrea Dovizioso lagi-lagi tidak bisa kompetitif di seri lainnya pada musim MotoGP 2022 tahun ini. Bukan hanya bila dibandingkan pembalap lain, bahkan begitu pun bisa dibandingkan dengan pembalap-pembalap Yamaha seperti Franco Morbidelli dan Darryn Binder.

    Darryn dan Morbidelli finis di posisi ke-16 dan ke-17 pada MotoGP Mugello 27-29 Mei 2022 lalu, sedikit lebih baik dari pembalap paling veteran di MotoGP saat ini, Andrea Dovizioso yang hanya ke-20.

    Mengaku masih kesultan membawa Yamaha M1, Andrea Dovizioso lagi-lagi menyebutkan beberapa kesulitan yang dialami dirinya ketika membawa motor tersebut.

    Doski mengerti betul kekuatan Yamaha di sirkuit, terutama ketika memperhatikan Franco Morbidelli dan Darryn Binder yang kecepatannya tidak terlalu jauh berbeda darinya. Kendati demikian, faktor 8 musim di Ducati masih mempengaruhinya ketika balapan.

    “Saya lihat mereka berdua (Darryn dan Morbidelli), cara menmbawa Yamaha M1 dengan kencang adalah ketika memasuki tikungan dan di tengah tikungan, pada ujung-ujung sisa ban yang anda gunakan. Ini yang masih saya belum bisa lakukan hingga saat ini,” ujar Andera Dovizioso.

    “Sementara pada balapan kemarin, saya juga bisa membawa Yamaha M1 dengan lebih kencang, tapi memakai cara saya sendiri “stop and go” (seperti membawa Ducati),” sambung Andrea Dovizioso.

    Dovi mengakui bahwa dirinya masih belum bisa membawa motor Yamaha dengan mengalir layaknya joki Yamaha lain.

    Sementara bila kita melihat Fabio Quartararo yang mengacak-acak Ducati di race Mugello kemarin, pembalap Prancis itu sangat piawai dalam memanfaatkan keunggulan Yamaha di tikungan.

    Jauh dari Fabio Quartararo, Andrea Dovizioso di lain tangan membawa motornya seperti ketika berkendara menggunakan Ducati yang mengerem sekuat tenaga, pelan di tikungan, dan mengharapkan tenaga besar ketika keluar tikungan.

    “Padahal bukan seperti itu membawa Yamaha. Sehingga ini menjadi salah satu konfirmasi lainnya, membawa Yamaha dengan kencang adalah suatu hal yang saya tidak mampu lakukan atau seitdaknya terbiasa,” kata Dovizioso.

    “Saat ini bila saya mencoba melakukannya (gaya Yamaha meluncurkan motor) saya malah menjadi semakin pelan dan saya sangat marah ketika itu terjadi. Ini membuat saya frustasi,” kata Dovi ke crash.

    Dovizioso saat ini ada di posisi ke-21 klasemen sementara disusul Darryn Binder pada urutan ke-22, dan menengok punggung Franco Morbidelli di urutan ke-19.

    Sementara Fabio  Quartararo memimpin klasemen dengan total perolehan 122 poin.

    Raider

    Berikut klasemen sementara MotoGP 2022 usai seri Mugello

    1.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 122
    2.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 114
    3.Enea Bastianini (Gresini Ducati) 94
    4.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 81
    5.Johann Zarco (Pramac Ducati) 75
    6.Alex Rins (Suzuki Ecstar) 69
    7.Brad Binder (KTM Red Bull) 65
    8.Jack Miller (Ducati Lenovo) 63
    9.Marc Marquez (Repsol Honda) 60
    10.Joan Mir (Suzuki Ecstar) 56
    11.Miguel Oliveira (Red Bull KTM) 50
    12.Pol Espargaro (Repsol Honda) 40
    13.Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) 38
    14.Maverick Vinales (Aprilia Racing) 37
    15.Jorge Martin (Pramac Ducati) 31
    16.Luca Marini (Mooney VR46 Racing) 31
    17.Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing) 30
    18.Alex Marquez (LCR Honda Repsol) 20
    19.Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) 19
    20.Fabio di Giannantonio (Gresini Ducati) 8
    20.Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF) 8
    21.Darryn Binder (WithU Yamaha RNF) 6
    22.Remy Gardner (Tech 3 KTM Racing) 3
    23.Raul Fernandez (Tech 3 KTM Racing) 0
    24.Stefan Bradl (Repsol Honda) 0

    BACA JUGA

    Padahal Sirkuit Sobat Ducati, Bagnaia Sebut Juara di Mugello Lebih Sulit dari Pada di Jerez! Tetap Senang Karena Tebus Dendam Le Mans

    Di Ambang Pensiun, Operasi ke-4 Tulang Tangan Humerus Marc Marquez jadi Penentu!