Kehilangan Marc Marquez, Rugi Dong: Udah Riset Motor Sesuai Permintaan Marc, Honda Malah Kena Prank?

Ceritanya Marc Marquez susun rencana saingi Rossi

ManiakMotor – Meski dianggap terlambat karena Marc Marquez terlanjur hengkang dan melanjutkan kontrak dengan tim Gresini Racing Ducati, kemajuan lewat motor RC213V yang telah digarap Honda di 2024 tak dapat dipungkiri.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari internal Honda, Petinggi Honda di Jepang dan tim manajer Alberto Puig memberikan keputusan saat tes di Misano bulan September 2023 untuk merilis desain, konstruksi, dan setup sepeda motor supaya meyakinkan Marquez bertahan di tim.

Sayang sekali, Marquez merasa kecewa dengan RC213V yang dibawanya saat tes di Misano tersebut dan memutuskan untuk pamit dari Honda di bulan Oktober.

Bagaimana tidak? dikabarkan bahwa Marquez selama dua tahun kebelakang sudah mendorong Honda agar membuat motor yang lebih pendek dan paling penting merampingkannya.

Di Misano pada bulan September, bos Honda di Jepang dan manajer tim Alberto Puig “memutuskan untuk meluncurkan desain, konstruksi, dan penyetelan sepeda motor” dengan maksud meyakinkan Marquez.

“Marc telah meminta selama dua tahun bagi mereka untuk membuat sepeda lebih pendek dan, di atas segalanya, untuk menurunkannya, untuk menurunkan berat badan dan mereka tidak pernah mendengarkannya,” tulis laporan itu.

“Dan sekarang, dalam dua bulan, mereka merancang dan membangun sepeda baru yang, mungkin, setelah mengujinya dalam tes Misano, akan membuatnya ragu dan mungkin, sekarang, kita masih akan memiliki pembalap terbaik dalam sejarah.”

Busyeet dah, bisa di bayangin itu risetnya serumit apa. Dan yang namanya riser pasti gak lepas dari biaya yang lumayan berarti.

Honda 2024 baru adalah “benar-benar baru: lebih rendah, memiliki mesin baru, suspensi, aerodinamika… itu benar-benar baru,” laporan mengutip sumber dari dalam Honda.

“Melangsingkan sepeda MotoGP turun 8 kilo, dalam dua bulan, adalah tugas yang sangat besar, percayalah.”

Ya akhirnya, rugi sih enggak. Tapi dibilang untung, juga masih belum tahu. Itu hanya bisa dijawab lewat performa Luca Marini dan Joan Mir di musim Balap MotoGP 2024 mendatang!

DIVA