nhk

Kejurda Road Race IMI DKI 2018: Aturan Kembali Ke Buku Kuning

ManiakMotor – Niatnya mulia Kejurda Road Race IMI DKI ronde pertama pada 10 – 11 Maret 2018 di Sentul Kecil. Ingin mengembalikan peraturan balap motor di Sentul Kecil yang ada pada Buku Kuning. Aturan balap motor sebenarnya. Bukan motor bermesin MP1 ikutan di kelas MP5. Lalu knalpot yang sudah potong sana dan sin, masuk kelas standar seperti fun race.

Kelasnya adil

Kejurda IMI DKI yang nyaris ‘punah’ sekitar 8 tahun ini memang muncul dengan warna baru. Para pentolan IMI DKI pengurus baru kelihatan semangat. Dari wajah mereka sih kerja tulus untuk balap motor ibu kota negara ini. “Kamu lihat sendiri, kelas-kelasnya terbagi sesuai aturan masa kini. Pihak pemeriksa teknik juga mereka yang kapabel,” cerita Sigit Widyanto sebagai pimpinan lomba.

Pada event yang jadi seri pertama DKI tersebut dibagi dua. Untuk hari Sabtu (10/3-2018) khusu kelas kejurda yang ada turunan strukturnya terhadap kejurnas. Misalnya MP1-MP5, kelas matic sampai yang 2T pun aturan mainnya jelas.

Sigit. Aturan harus ditegakan

Sedangkan untuk Minggu 11 Maret pada kelas-kelas aneh-aneh macam minimoto, GP Mini dan sebagainya, “Tapi semua kelas itu jelas tertulis. Maksudnya ada buku bakunya yang disahkan dari PP IMI bagian teknik,” sebut Ari Bunarto yang memperkuat kedudukan kejurda IMI DKI dalam hal scruttenering.

Event tersebut hadiri 400 starter dan memang berjalan layaknya balap motor. Bukan hanya transponder, tapi memang terencana. Nggak ada di sana yang nggak punya KIS ikutan mutar-mutar balapan di Sentul Kecil, “Ingat ya, ngurus KIS itu hanya Rp 250 ribu. Jangan mau disuruh bikin KIS berulang-ulang oleh panitia lomba dengan KIS kwitansi,” kata Dody yang jadi sekretaris IMI DKI seperti menyindir panitia yang lain.

Kalau yang terjadi di kejurda IMI DKI ronde pertama ini disediakan ruang khusus pembuatan KIS. Itu KIS langsung jadi di tempat. Di foto dan mengisi formulir, ya sudah keluar KIS asli yang bisa digunakan setahun penuh di mana pun pemegangnya ikutan balap. Jadi bukan kwitansi yang berikutnya nggak berlaku. Ric

BACA JUGA

Hasil Kejurda IMI DKI Sentul Karting 10 – 11 Maret 2018

BAGIKAN