nhk

Kejurnas Balap Motor 2020 (IMS) Sentul Besar Pengganti IRS, Non Bebek Yang Kalah Mulu Di ARRC

Maniakmotor – Namanya Kejurnas Balap Sport atau Indonesia Motor Sport (IMS) di Sentul Internasional alias Sentul Besar 2020. Ini pengganti IRS yang 2019 ditiadakan. Karena ada kata sport di situ, kelas bebeknya pun nggak muncul. Minimal bebek yang setara regulasinya dengan UB150 di ARRC yang juga penting buat Indonesia sebagai ajang riset.

IMS disebut ada donaturnya yang bernama Haji Rusdi Masse yang merupakan Bupati Sidrap selama 2 periode. Dia tokoh senior dalam dunia balap nasional. “Beliau, Haji Rusdi Masse yang support utama dalam pembiayaan IMS 2020. Saat ini sedang dalam proses tawar-menawar harga untuk sewa Sirkuit Sentul. Kita minta harga lama saat IRS dulu,” tukas Eddy Horison yang bertanggung jawab pada teknis lomba IMS 2020.

Kelas yang ada di IRS dipertahankan oleh IMS seperti Kejurnas Sport 150 cc dan 250cc. Pula ada one make race (OMR) Honda Dream Cup 150 dan 250cc. Namun, IMS 2020 ada tambahan kelas Sport 150 CC Rookie atau Pemula di bawah 15 tahun.

Lho trus underbone yang jadi warisan bangsa Melayu ke mana? Apalagi UB150 dipertandingkan di ARRC yang diikuti beberapa tim Indonesia. Lagian Indonesia ini, sejak UB150 dibuka tiga tahun lalu di ARRC belum pernah juara. “Ya itu, kita nggak punya kompetisi bebek yang regulasinya berinduk pada ARRC di sirkuit besar. Kalah riset,” kata seorang mekanik yang senior sekali.

Ini pun dijawab Ko Eddy Horison. Katanya peminatnya sedikit, makanya belum dibuka di IMS, “Suatu saat mungkin ada, lihat animo dan permintaan dari tim. Sebab saya lihat, pembalap Indonesia yang bermain di ARRC kebanyakan membela tim luar,” tambah Ko Eddy dengan senyum khasinya.

Padahal cuma satu pembalap yang memperkuat tim luar di ARRC untuk UB150, yakni Wahyu Aji Trilaksana di Onexox TKKR Malaysia. Selebihnya 7  pembalap Indonesia yang ikut ARRC di UB150 pada 2019 memperkuat tim Indonesia.

“Untuk saat ini IMS masih berpikir penempatan jadwal agar tidak bentrok dengan ARRC,” tutup Eddy sambil memperlihatkan jadwal rode pertama pada 21 Juni, ronde dua  pada 13 September, ronde 3 diputar 4 Oktober, ronde empat 22 Nomvember dan seri akhir 13 Desember.

Iya, tapi bebek tetap penting, Ko. Asli Indonesia. Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353