nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang; FDR Double Winner Lewat Hendri-Irwan

ManiakMotor – Strategi pemilihan ban dari Irwan Adriansyah dan Hendriansyah menjadikan keduanya juara nasional balap motor 2015. Soal juara nasional sih, keduanya sudah kenyang, telah berkali-kali mereka dapatkan. Tapi spesial buat Kejurnas Balap Motor (KBM) atau sekarang disebut Indonesia Road Racing Championship dengan ban FDR.

Di seri akhir KBM kondisi lintasan licin dan berpasir. Di saat sama juga sempat diguyur hujan. Kuncinya pada grip ban soal kenyamanan laju motor. Karet yang bertugas mengatur kontaknya dengan aspal. Macam  di sirkuit Balipat, Binuang, Kalsel (21-22/11) tempat berlangsungnya seri pamungkas KBM, butuh ban yang selalu bersenyawa dengan aspal lantaran trek yang tidak ‘normal’.

Faktanya, banyak pembalap yang harus jatuh bangun dari sesi latihan, kualifikasi dan race, “Pakai FDR FR 75 saat kering. FR 75 model slick mengikuti kontur aspal Binuang yang baru. Sedang FDR MP 57 ketika sirkuit basah dan setengah basah. Pada beberapa titik seperti R1 dan R14, tetap bisa dibawa ke racing line karena MP57 bisa memanejemen lintasan,” nilai Irwan-Hendri yang konsisten podium 3 besar di dua race UB 110 dan 125.

Alhasil, kakak beradik yang memang didukung ban FDR ini mengunci juara umum di kelas underbone (UB) 110 cc dan 125 cc. Irwan mengumpulkan point tertinggi di UB 110, sedang Hendri di UB 125. Bahkan si Dewa Road Race – julukan Hendri – sudah mengunci gelar juara sejak race 1 UB 125.

“Dengan kompon baru dan side wall yang lebih keras, cukup membantu mengatasi minimnya grip ban ke lintasan. Pas suhu lintasan naik yang lebih panas akan membantu motor untuk tetap dapat grip,” kata Totok Hariyanto dari Staff Promotion Analysist PT Suryaraya Ruberindo (SRI) produsen FDR.

Beda lagi dengan MP 57 yang memang konstruksinya punya pattern atau kembang. “Sebab memang dicetak tipe bawa membawa medium. Kembangnya  lebih banyak dari MP 27 merupakan ban intermediate yang mumpuni untuk digunakan di lintasan yang diguyur hujan rintik-rintik atau aspal bekas hujan,” tambah Totok yang datang lengkap dengan peralatannya ke Binuang.

Itu bukti kualiatas ban FDR. Juga kepedulian FDR pada aktivitas balap tanah air meski kondisi krisis ekonomi.  Mantap! Ardel  

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor Balipat, Binuang, Kalsel 21 – 22 November 2015

Kejurnas Balap Motor 2015 Binuang: YFRI Sambut Sapu Bersih Juara Dari Yamaha

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang: UB/SP 150 MX King 150, Langsung Jadi ‘King’ Nasional!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang; Hendriansyah Umur 35 Tahun Juara Nasional UB125

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang; UB 110 Race 1; Anggi-Ahwin Untuk Rheza, Z1 Lokal!

BAGIKAN