nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang: UB/SP 150 MX King 150, Langsung Jadi ‘King’ Nasional!

 

 

ManiakMotor – Yamaha MX King 150, bisa disebut petarung baru di kelas UB/SP 150. Baru dijual pada Maret 2015 oleh Yamaha, langsung jadi raja alias ‘king’ sesuai namanya MX-King di Kejurnas Balap Motor (KBM). Kelas ini pula yang mengadu underbone vs sport. Di antara bebek lawannya adalah Satria FU dan Honda Sonic. Kalau sport adalah Honda CB150R yang ikut dua seri di Sentul besar.

Bahkan R. Fadhil penunggang MX King dari Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya dinobatkan sebagai juara nasional sebelum seri final di sirkuit Balipat, Binuang, Kalsel (21-22/11) kemarin.  Fakta, beberapa mekanik  yang mengolah  Yamaha MX King 150 begitu cepat beradaptasi. Riset yang berlangsung kilat dan hasilnya adalah guntur, eh juara nasional. Malah Yamaha Indonesia sendiri tak menduganya, karena MX-King bukan sebagai agenda untuk ditunjang.

Basis mesin MX King memang square alias diameter dan langkah piston hampir sama angkanya. Bahan yang pas untuk adu cepat. Mudah dapat torsi dan rata tenaganya sampai atas.

Diklaim saat ini  MX King tembus lebih dari 32 HP di kisaran 11.00-12.000 rpm. Ya tentu untuk balap yang diadu di KBM, bukan yang sampeyan pakai yang masih std. “Alhamdulillah juara nasional. Lebihnya MX King bisa masuk lebih tajam dan cepat keluar, bisa digas lebih awal di itkungan. Sumbu rodanya lebih pendek daripada motor-motor pesaing. Motor jadi nyaman karena ada suspensi Traxxion,” ujar R Fadhil yang berasal dari Papua Barat itu.

MX King andalan Fadhil milik Yamaha TJM. Mereka riset bertahap. Mulai durasi camshaft, porting, sampai pemetaan elektronik dengan injeksinya. “Ini pun masih banyak potensi yang bisa dikembangkan. Tenaga masih dibatasi dengan durasi kem 260o dan lift-nya seputar 8 mm,” tukas Hawadis selaku tuner yang pede dengan throttle-body label UMA Racing berdiamter 32 mm dengan ECU API Tech.

Fenomena menarik sehubungan langkah riset MX King 150  terbukti konsisten berlangsung. Seperti Sandy Agung, pemilik sekaligus merangkap mekanik Yamaha Yamalube SND FDR yang ujicoba rocker-arm alias sepatu klep.

“Ini konstruksinya berbeda. Bahan duralium dan nilai lebihnya klep diameter 25 mm bisa masuk. Jadi tidak maksimal 23 mm lagi. Saya sedang uji kekuatannya,” tegas Sandy yang mempercayakan misinya tersebut dengan pebalap Tammy Pratama.

“Saya juga masih riset ECU Vortex yang aslinya dari special-engine Yamaha YZF 250, jadi harus mencrai base-mappingnya dahulu, baru kemudian diriset sesuai karakter sirkuit dan masukan rider,” tambah Sandy yang sedang jajal throttle-body model barel.  Horse Power (HP) MX King yang identik kelir kuning ini sudah 31,5 HP pada 11.700 rpm dan torsi  19 Nm pada 9.400 rpm. Ardel

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor Balipat, Binuang, Kalsel 21 – 22 November 2015

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang; Hendriansyah Umur 35 Tahun Juara Nasional UB125

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang; UB 110 Race 1; Anggi-Ahwin Untuk Rheza, Z1 Lokal!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Final Binuang: Z1 Lokal Pecahin Rekor Z1 Racing Jepang

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Jelang Final Binuang; Mainkan ECU Dan Knalpot R9

 

BAGIKAN