nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015: IP110 dan IP125 Jadi OMR Yamaha Plus

 

ManiakMotor – Kejurnas Balap Motor (KBM) yang berlangsung di Sentul Karting Circuit (SKC) Sabtu-Minggu ini (22-23/8) ini, bisa disebut ‘OMR Yamaha Plus’. Dari dua kelas bebek yang dilombakan yakni Underbone (UB) 125 dan 110 mayoritas di dominasi tim Yamaha. Selebihnya, bisa disebut ‘bintang tamu’ seperti pasukan Kawasaki Rextor Manual Tech, Suzuki Rafid Topan Racing Team dan MS Nissin  FDR.

Greget tarung sesama Yamaha yang jadi bumbu. Maklum bertarung sesama merek yang menilai Yamaha Indonesia (YI). Utamanya lagi, bertarung di UB 125 dengan injeksi dan karbu.

Di seri sebelumnya di Sentul Besar, karbu diwakili Jupiter tim Yamaha Nissin BRT HRP FDR Racing Team bersama Hendriyansyah yang mendominasi. Kali ini karakter sirkuit SKC atau Sentul Kecil lebih mendukung Z1 yang setelan awalnya didapat di situ saat dikirim dari Jepang.

Sinyal itu sudah tampak sejak sesi latihan bebas (Jum’at, 21/8) dan latihan resmi Sabtu 22 Agustus yang baru saja berlangsung. Adalah Z1 yang dikebut Rheza Dhanica (Yamaha Yamalube IRC Trijaya) tercepat dengan best time 56.327 detiik. Menyusul di posisi ke-2, Galang Hendra  (Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya).

Galang juga pakai Z1 korekan kliker senior Hawadis. Z1 di sirkuit sepanjang 1.200 meter ini memang punya catatan bagus. Brosist, juga paham bila tahun lalu saat masih dengan nama IndoPrix (IP) Z1 mampu mendominasi dengan best time 55.9 detik. Adalah Fitriansyah Kete, pemegang rekor kala itu.

Bedanya, Z1 racing yang dipacu saat itu masih karya mekanik Jepang, “Pengembangannya sudah dilakukan mekanik masing-masing tim. Mereka improve suspensi dan maping engine lewat ECU, bukan tidak mungkin rekor terlampaui,” yakin Disep PJ, dari divisi motorsport Yamaha Indonesia.

Makin menarik ditunggu, basis power Z1 ‘lokal’ lebih besar dibanding Z1 Jepang, “Hasil dyno terakhir sudah melampui Jepang. Tinggal tergantung perkembangan cuaca dan pembalapnyar,”ujar Haris Shakti Wibowo alias Mlethiz, kliker Z1 Rheza. 

 Oke deh tunggu sesi kualifikasinya yang Sabtu sore ini juga. Ardel

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor (IndoPrix) Sentul, Bogor, Jabar 22 – 23 Agustus 2015

Kejurnas Balap Motor ( KBM) Jelang Sentul (Seri 2): Khusus Bebek, Live TV Hilang

Kejurnas Balap Motor Indonesia: Pokoknya Kalau Masih Di Sentul, Greentech Ikut

Aksi Service Car FDR Di Kejurnas Balap Motor 2015, Bongkar-Pasang Ban 2 Menit

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015; Kejurnas 150, Yamaha Akan Serius, Asal Regulasi Imbang?

BAGIKAN