nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Jelang Final Binuang; Mainkan ECU Dan Knalpot R9

ManiakMotor-Kejurnas Balap Motor (KBM) atau yang dulu disebut IndoPrix (IP) langganan dimaninkan di sirkuit Balipat, Binuang, Tapin, Kalsel. Walau KBM saat kepepet juga mepet ke sirkuit yang panjangnya 1,85 Km tersebut. KBM main di sana dalam rangka seri terakhir pada 22 November 2015 nanti.

KBM memainkan 3 kelas dari  IP110 yang sekarang disebut UB (underbone) 110, UB 125 dan UB/SP 150. Yang terakhir ini campuran bebek dan sport.  Satu kelas sudah pasti milik R. Fadhil dari Yamaha Traxxion Suspensi End Vesrah. Fadhil yang menggunakan Jupiter MX King 150 korekan Hawadis itu tak lagi terkejar dengan total point 136.

Namanya kelas paling besar kapasitasnya selalu menarik lomba UB/SP150. Apalagi perebutan runner up masih terbuka dari tiga pembalao. Di sana antara Tammy Pratama (Yamaha Yamalube FDR SND Racing) dan Hendriansyah (Yamaha Nissin BRT HRP FDR Racing Team.

Tammy di posisi ke-4  dengan 78 point  bersaing ketat dengan Hendry ke-3 dengan selisih 1 point. Posisi kedua sendiri saat ini justru dipegang oleh Aditya Pangestu (Astra Motor Racing) yang kemungkinan tak hadir, karena ‘geli-geli  gatal’ ikut di luar Sentul. “Seri Binuang coba riset terbaru rocker arm duralium. Klep bisa lebih lebar maksimal 25/22 dan jadi lebih enteng,” ungkap Sandy Agung, owner sekaluigus mekanik SND Racing tempat Tammy membalap.

Persaingan sama di UB 125 dan UB 110. Dua kelas yang mutlak jadi milik squad Yamaha itu jadi pertarungan ‘klasik’ Jupiter 5TP (karburator ) Vs Jupiter Z1 (injeksi). UB 125, 5TP masih unggul lewat  Hendriansyah dengan 132 point. Kans Z1 tertutup untuk juara umum, lantaran hanya ada Z1 Rheza Dhanica (Yamaha Yamalube  IRC Trijaya) diurutan keempat dengan 81 point.

Justru Z1 punya kesempatan di UB 110, juga lewat Rheza dengan 134 point. “Set up injeksi tinggal sesuaikan kondisi di lapangan, tapi utamanya pada racikan rasio. Formulasi lengkapnya masih nunggu input-an dari rider. Karakternya, kurang lebih macam Sidrap kemarin,”sebut Hariz Shakti Wibowo alias Mlethiz kliker tim milik Rudi Hadinata itu.

Juga ditunggu kembali pembuktian Z1 karya Waskito Ngubaini (Yamaha Yamalube RPM NHK FDR RCB R9  SSS). Z1 yang dikebut Fitriansyah Kete itu dominandi dua race pada KBM seri 4 Sentul Besar (11/10) lalu. “Terkini coba knalpot baru R9 Dominant (Research n tested by MRT). Belum naik dyno tapi hasil test lapangan lumaya. Knalpot ini semacam replica versi carbon titanium. Biar harganya terjangkau, bahannya dibuat dari stainless,” kabar Yoshi, juru cuap tim RPM! Ardel

BACA JUGA

Kejurnas Balap Motor (KBM); Suspensi Traxxion Bikin Juara Nasioanal 150 cc (R. Fadhil), Mantap!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Sentul: Ban FDR Punya Cerita Soal Kecepatan

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Sentul: UB/IP125 Berhasilnya Z1 ECU Vortex, Knalpot R9!

KBM 2015 Sentul; Greentech Akan Ganti Ninja 250 Fi, SS600 Masuk Target

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Sentul: Yamaha Juara Nasional Kelas 150cc dan 250ccR RACING TEAM

 

BAGIKAN