nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015: Race-1 UB/SP 150 MX King Sikat Sonic 150R, CB150R Dan FU!

ManiakMotor – Underbone Campuran Sport 150, Yamaha MX King 150 berjaya di race-1 seri 5 Kejurnas Balap Motor (KBM) di Sentul International Circuit (SIC) alias Sentul Besar.  Lombanya berlangsung Sabtu 10 Oktober 2015. Itu rekor tersendiri bagi MX King 150 sejak ikut KBM yang mesinnya masih SOHC ketimbang lawannya yang DOHC.

Sekaligus mematahkan anggapan bahwa bebek belum bisa mengalahkan sport bila bermain di trek permanen macam SIC yang besar.  Di sirkuit besar,  rpm bermain di atas terus. Apalagi seri-seri awal kelas ini dimasuki Astra Motor Racing, sport mereka merajai. “MX-King ini memang lagi oke diajak kencang di trek lurus dan tikungan Sentul,” kata Tammy Pratama dari Yamaha FDR SND Racing.

Lewat proses riset, MX King mampu memberikan perlawanan. Karena sudah injeksi pengembangannya pada ECU.  Pilhannya ECU Vortex yang sudah racing. Pemetaan atau mappingnya  mudah menyesuaikan dengan kinerja mesin. Katanya sih, MX-King SND ini sudah mampu mengeluarkan tenaga 29.2 dk.

Itu ditunjang throttle body (TB) berdiameter 30 mm sesuai aturan di kelas tersebut.  TB yang digunakan adalah model barrel. Kelihatan saat disetting di Sentul Besar, AFR atau air fuel ratio sudah presisi yang artinya campuran udara dan bahan bakar sudah asyik dibakar. Itu ditandai dengan angka AFR 13-12,8 dengan flowrate 180 ml/menit.

“Power motor maksimal. Handling memang masih belum optimal pada sokbreker belakang, tapi masih terkendali.  Makanya, meski start dari posisi ke-4, aku sudah hitung kekuatan lawan di depan,” tambah Tammy seraya menegaskan strategi rider juga menentukan dengan teknik slip streaming alias curi angin yang anginnya dikantongi, hehe.

Tammy terlihat lepas dari rombongan besar dan tinggal fokus pada grup depan, uatamanya pada 4 lap terakhir. “Kuncinya, pada lap terakhir dari mulai ‘S’ kecil menuju R terakhir, ¼ menuju finish adu tenaga  dan berhasil,” kekeh Tammy sembari meninju udara tanda kemengangan dan berharap hasil ini kembali terulang pada race 2 Minggu 11 Oktober 2015. Ardel    

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor Seri-5 Sentul Besar, Bogor, Jabar 10 – 11 Oktober 2015

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Sentul (Jelang): Kopling SYS Percaya Diri Setelah R25 Podium ARRC

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015; IRC Fasti1 Rekor Dan Semua Kelas!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015; Kehadiran FDR Sangat Membantu Mekanik

Kejurnas Balap Motor 2015: Yamaha MX King Jadi Raja Dua Seri Beruntun Di Underbone 150cc

 

BAGIKAN