nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Sentul: Yamaha Juara Nasional Kelas 150cc dan 250cc

 

ManiakMotor  – Sentul – Yamaha memang tangguh di ajang balap motor.  Sabtu-Minggu (10-11 Oktober 2015) di Sentul International Circuit, ini merek mendominasi dengan memborong  podium  seluruh kelas (Underbone 110cc, Underbone 125cc, Kelas 150cc dan Sport 250cc) di Kejurnas Balap Motor (KBM), balap  tertinggi nasional yang sekarang disebut  Indonesia Road Racing Championship (IRRC) yang sebelumnya IndoPrix dan IRS. Wah bikin bingun media saja nama eventnya. Sebut saja KBM deh alias Kejurna Balap Motor, karena sejak awal itu yang disebut.

Bahkan Yamaha juara umum kelas Sport 250cc dengan YZF-R25 lewat dewa Road Race, Hendriansyah di seri terakhir khusus sport di Sentul Besar. Termasuk di kelas 150cc, R. Fadhil dari Yamaha TJM telah memastikan juara umum dengan MX King 150, walau masih ada satu seri lagi di Binuang, Kalsel. Padahal Fadhil tidak naik podium di seri ini, dia hanya ke-4 race 1 dan finis ke-14 di race 2, tapi poinnya sudah didulang banyak di seri-seri sebelumnya.

Kelas Sport 250 cc

Dominasi YZF-R25 di Kelas Sport 250cc tidak terbendung mulai dari seri awal bergulirnya KBM hingga seri terakhir kemarin. Di seri penutup khusus sport di Sentul Besar, tiga rider Yamaha yaitu Irwan Ardiansyah, Hendriansyah dan Harlan Fadhilah lagi-lagi sapu bersih podium.

Hitung-hitungan poin, Hendriansyah telah menjadi Juara Nasional 2015 dengan pacuan YZF-R25. “Dengan hasil yang diraih Hendriansyah di kejurnas sport ini praktis membawa YZF-R25 menjadi juara nasional. Tetapi kami harap iset motor tidak berhenti sampai di situ,” ujar Supriyanto, Manager Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Kelas 150 cc

Jupiter MX King kembali terbukti setelah memenangi dua race di seri 5. MX King mencetak hattrick juara (tiga seri beruntun) di seri 3,4, dan 5. Di race 1 seri 5 lewat rider Tammy Pratama (Yamaha Yamalube KYT FDR SND Racing Team). Sedangkan pada race ke-2, Hendriansyah yang membela Yamaha Nissin BRT HRP KYT FDR Racing menjadi jawara.

Tadinya MX King diperkirakan hanya akan menang di Sentul Kecil dan Bukit Peusar yang treknya kecil yang memang oke untuk bebek. Tetapi di Sentul Besar (Sentul International Circuit), MX King ternyata makin kompetitif. Sebelumnya kan kelas ini didominasi sport dari merek motor rivalnya.

Kompetitor yang mencoba menghentikan dominasi MX King lewat tipe  sport 150cc tidak mampu membendung laju MX King yang diibaratkan seperti roket. Hendrianyah dan Tammy Pratama mampu memberikan jarak dengan beda waktu 1 detik lebih cepat dari kompetitor yang menggunakan Sport CB150R.

Ditanya mengenai performa MX King, Tammy mengaku sangat senang dengan motor tersebut. “Motor ini handlingnya sangat enteng dan stabil. Bisa masuk lebih dalam di tikungan. Saat out-in-out bisa dibikin lebih sempit, walau dikebut dengan mesin yang powerful. Mesinnya bisa jalan dari putaran bawah, tengah, hingga atas,” ujarnya. “Jupiter MX King ini saya pilih karena bobot motor yang sangat ringan,” timpal Hendriansyah.

Menyisakan satu seri lagi yang akan dihelat pada tanggal 22 November 2015 dengan jarak perolehan 54 point dengan kompetitor. Sudah tentu Jupiter MX King jadi raja di kelas 150cc lewat pebalap R.Fadhil, karena poin yang diperebutkan tinggal 50 angka. Rilis Yamaha

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor Seri-5 Sentul Besar, Bogor, Jabar 10 – 11 Oktober 2015

Kejurnas Balap Motor (KBM) Sentul; Underbone/Sport 150, Lagi MX King 150 Kepret DOHC!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015: SS 600 Yudhis Juara Nasional, Memang Layak Bangat!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015: Race-1 UB/SP 150 MX King Sikat Sonic 150R, CB150R Dan FU!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Sentul (Jelang): Kopling SYS Percaya Diri Setelah R25 Podium ARRC

BAGIKAN