nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Seri 3 Sentul: Z1 Pecahkan Rekor Sentul Kecil, UB125 dan 110 Galang Hendra!

 

ManiakMotor – Dalam keadaan eventnya terpuruk, tapi catatan waktu justru melejit. Rekor diubah jadi 55.670 detik (Underbone 125) dari 55.9 sekian-sekian detik di Sentul Kecil. Demikian pula di Underbone 110 yang dulu dikenal IP110 mejadi 56.510 detik yang dilakukan Galang Hendra Pratama yang membela Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya.

Cerita itu terjadi di sesi kualifikasi (QTT) di Kejurnas Balap Motor (KBM) yang seri 3-nya berlangsung di Sentul Karting Circuit (SKC), Sabtu, 22 Agustus. Dari hasil ‘investigasi’ mencatat, bahwa rekor sebelumnya dicetak Rey Ratukore dengan 55.9 detik (UB 125) dan Ucil Puma dengan 56.7 detik (UB 110).

Itu sesuai dengan prediksi ebelumnya. Kendati KBM yang tadinya IndoPrix kurang jelas keberadaannya, tapi teknologi jelas jalannya. “Buktinya kami bisa menaikan power yang signifikan. Memang cuaca dan skill joki mendukung, bukti proses riset Z1 oleh mekanik lokal berjalan,” yakin Supriyanto, Manager Motosport Yamaha Indonesia (YI).

Hal itu pula yang dicoba ditunjukan mekanik senior sekaliber Hawadis, kliker Z1 yang dikebut Galang di dua kelas tadi.  Mekanik asal Madura, Jatim itu memang bukan hanya dikenal penadah besi bekas itu, hehe. Kan orang Madura di Jakarta terkenal dengan besi bro.

Macam Hawadis jadi pandai korek besi onderdil Z1. Katanya pada Z1 Galang masih ada part bawaan  Z1 Racing Jepang yang diaplikasi. “Perangkat elektronik masih pakai Jepang. Improve pada mapping ECU dan coba bikin noken-as sendiri,” ujar Hawadis yang karya terbarunya juga kuasai kualifikasi UB/sport 150.

Diakui oleh Hawadis kedua spek tadi memang belum sempat test dyno. Tapi dengan bobot ideal (50 Kg) Galang, harusnya lebih melaju di Sentul Kecil. Bahkan, “Rekor itu bisa diperpendek lagi hingga 53 detik. Masih ada sektor yang bisa dioptimalkan,” optimis Hawadis.

Masalah bobot badan, nyatanya jadi kendala bagi Willy Hammer (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera). Willy dengan bobot 65 Kg, harus puas start di posisi ke-4 untuk raceday yang barusan berlangsung Minggu 23/8 untuk UB125. “Di samping itu memang sempat ada kendala dengan klep, padahal latihan bebas kemarin sempat ke satu,” ujar Widya ‘Gendut’ Krida Laksana, mekanik tim yang dikomandoi Novi Endaryono itu.

Sedangkan Rheza Denica dari Yamaha Trijaya yang tercepat di sesi latihan resmi, harus akui keunggulan Galang di QTT. Galang-Rheza ada dua talenta muda Yamaha asal Jogja seangkatan. Duel keduanya dipastikan jadi tontonan seru di dua kelas sekaligus! Ardel

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor (IndoPrix) Sentul, Bogor, Jabar 22 – 23 Agustus 2015

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015: IP110 dan IP125 Jadi OMR Yamaha Plus

Kejurnas Balap Motor ( KBM) Jelang Sentul (Seri 2): Khusus Bebek, Live TV Hilang

BAGIKAN